Cegah Hoax, IJTI Sultra Gelar Pelatihan Cek Fakta Jurnalis Televisi

437

 

Istimewa

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (Pengda IJTI) Sultra, akan menggelar pelatihan cek fakta. Cek fakta ini sangat penting diketahui jurnalis telivisi, yang setiap hari bekerja menyampaikan informasi kepada publik. Sekaligus untuk meningkatkan kapasitas anggota IJTI.

Pelatihan ini menjadi rangkaian kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) II pada 25 hingga 26 Januari 2020 di hotel Claro Kendari.

Menurut Ketua Panitia Musda II, Mukhtaruddin, beberapa tahun terakhir, tren konsumsi media di era digital, cukup mempengaruhi cara memproduksi konten berita. Jutaan informasi mengisi ruang publik setiap menit. Dalam kondisi seperti ini, cek fakta dinilai penting diketahui jurnalis.

BACA JUGA:  Jalani Idul Fitri di Ruang Isolasi, Pemda Mubar Belikan HP Santri Gontor yang Positif Covid-19

“Pelatihan cek fakta tentu sangat penting diketahui para jurnalis di tengah serbuan informasi hoax, ujaran kebencian pada perbagai platform media sosial. Cek fakta untuk mengetahui kebenaran di era banjir informasi,” ujarnya.

Ia menyebutkan untuk menyelenggarakan pelatihan cek fakta, panitia pelaksana mengundang pemateri dari trainer cek fakta Tempo.

“Trainer cek fakta akan memberikan edukasi terhadap jurnalis dalam menentukan dan mengakses informasi yang sifatnya fakta atau hoax yang masih membutuhkan verifikasi dari berbagai sumber,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Relawan Indonesia Bersatu Bagikan Makanan Berbuka bagi Warga di TPAS

Untuk diektahui, Musda II IJTI Pengda IJTI Sultra akan dihadiri Sekretaris Jenderal IJTI, Indria Purnama Hadi dan Ketua Bidang Organisasi IJTI, Herik Kurniawan.

“Musda ini adalah amanah anggaran dasar atau anggaran rumah tangga IJTI, setiap tiga tahun sekali Pengurus Daerah IJTI, menggelar pergantian pengurus yakni memilih ketua dan sekretaris,” kata Ketua Panitia MUSDA II, Mukhtaruddin, pada (24/1/2020). (C)

Reporter: Ilham
Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU