Kepala Kesbangpol Kaltara Mendaftar Jadi Calon Sekda Bombana

3,478
Kepala Badan Kesbangpol Pemprov Kaltara, Basiran (kanan) menyerahkan berkas pemdaftaran kepada Kepala BKPSDM Bombana, Rusman Idja. Foto-Dok Pribadi Basiran

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Seleksi terbuka calon Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana tidak hanya diminati sejumlah pejabat eselon dua dari Pemda setempat, lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di otorita pimpinan Haji Tafdil itu juga dilirik pejabat struktural dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara).

Pejabat eselon dua dari Provinsi termuda di Indonesia yang melamar jadi calon Sekda Bombana bernama Drs Basiran. Dia tercatat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltara yang diemban sejak awal Januari 2017 lalu. Mantan kepala biro hukum dan organisasi Pemprov Kaltara, memasukan berkas hari ini, Kamis (30/1/2020) atau sehari menjelang penutupan pendaftaran calon JPTP Sekda Bombana.

“Hari ini saya sudah masukan berkas lamaran di BKPSDM (Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia), sekretariat panitia seleksi calon JPTP Sekda Bombana,” kata Basiran, melalui pesan WhatsApp nya, hari ini, Kamis (30/1/2) sekitar pukul 17.00 wita. Basiran mengaku, bundel berisi syarat-syarat melamar calon Sekda Bombana diantar langsung dari Kaltara menuju Bombana. Sekitar pukul 15.30 wita. Berkas lamarannya diterima pihak panitia seleksi dari pegawai BKPSDM Bombana.

Meski kini bertugas di batas negeri, Basiran bukan orang baru di Bombana. Sebelum menjadi pejabat struktural di Pemprov Kaltara, Pria kelahiran Buton, 28 Desember 1969 ini, pernah mengabdi di Pemda Bombana dan menduduki sejumlah jabatan struktural mulai level eselon empat, tiga dan dua. Berdasarkan daftar riwayat hidup yang dikirim Basiran, kepada wartawan lenterasultra.com, alumni Institut Ilmu Pemerintahan ini, kurang lebih enam tahun bertugas di Wonua Bombana.

Dalam kurun waktu itu, Basiran menduduki jabatan Kepala bagian Pemerintahan, Sekretaris DPRD Bombana, staf ahli Bupati bidang pemerintahan serta Asisten Sekda bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat. Setelah itu, dia hijrah ke Provinsi Kaltara dan menduduki sejumlah jabatan strategis. Sebelum bertugas di Bombana, Basiran pernah mengabdi di tanah kelahirannya Kabupaten Buton. Dia menduduki sejumlah jabatan diantaranya, Camat pembantu Siontapina, Buton dan Camat Betoambari, Kota Baubau. Dengan berbekal pengalaman serta lama mengabdi, Basiran juga tercatat sebagai calon sekda Bombana yang sudah mengantongi pangkat dan golongan tertinggi yakni Pembina Utama Madya dengan golongan IV.d.

Kepala BKPSDM Bombana, Rusman Idja membenarkan bila ada pejabat eselon dua dari Pemprov Kaltara yang mendaftar jadi calon Sekda Bombana.  Pendaftar tersebut bernama Basiran. “Berkas pendaftarannya, kami terima sekitar pukul setengah empat tadi. Yang terima anggota sekretariat bersama saya,” ungkap Rusman saat dikonfirmasi,  via pesan whatsapp nya hari ini, Kamis (30/1/2020) sekitar pukul 17.16 wita. (Av)

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU