Masa Tugas Man Arfa Berakhir, Pj Sekda Bombana di “Impor” dari Pemprov Sultra

3,211
Man Arfa, mantan PJ Sekda Bombana

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Masa jabatan Man Arfa sebagai pejabat (PJ) Sekda Bombana hanya diberi tiga bulan. Gubernur Sultra, ternyata tidak lagi memperpanjang tugasnya untuk tiga bulan kedepan. Sebagai penggantinya, Ali Mazi dikabarkan “mengimpor” Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Beangga Hariyanto sebagai sekda kelima di Wonua Bombana.

Penunjukan Beangga Hariyanto sebagai PJ Sekda Bombana dibenarkan mantan Pj Sekda Bombana, Man Arfa. Katanya, sejak Kamis (9/1/2020), masa tugasnya sebagai Pj Sekda sudah berakhir, karena tidak bisa diperpanjang. “Yang ganti Pa Beangga, Kepala Biro Kesra Provinsi (Pemprov Sultra),” kata Man Arfa saat dihubungi via ponselnya, Jumat (10/1/2020).

Inspektur Inspektorat ini mengatakan, sesuai rencana Kepala Biro Kesra Pemprov Sultra itu akan dilantik Senin (13/1/2020). Agar tidak terjadi kekosongan jabatan pasca masa tugasnya berakhir, posisi Sekda sambung mantan Kadis PU dan Tata Ruang ini, diamanahkan kepada Engki, S.IP, Asisten III Setda Bombana dengan statusnya sebagai Pelaksana Harian (Plh).

Menurut Man Arfa, sebelum masa jabatannya sebagai Pj Sekda Bombana berakhir, diusulkan permohonan perpanjangan tiga bulan kedepan. Namun hal itu tidak bisa dilakukan karena tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalan Negeri. “Alasannya seperti itu. Tidak sesuai Permendagri,” sambungnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Bombana, Rusman Idja membenarkan jika masa jabatan Man Arfa sebagai Pj Sekda Bombana berakhir Kamis (9/1/2020). Meski begitu, Rusman mengaku belum tahu, apakah jabatannya diperpanjang atau tidak. “Kemungkinan seperti itu (diperpanjang). Jadi ada Plh Sekda, untuk sementara,” katanya.

Pj Sekda Sultra, La Ode Ahmad Pidani Bolombo, tidak memberi konfirmasi, terkait siapa yang diutus Pemerintah Provinsi sebagai Pj Sekda di Bombana. La Ode Pidani juga tidak memberi kabar, apa masa jabatab Pj Sekda Bombana Man Arfa diperpanjang atau tidak. Pj Sekda mengarahkan wartawan lenterasultra.com kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra. “Bang, coba koordinasi langsung ke BKD ya,” jawab La Ode Pidani Bolombo, saat di konfirmasi terkait Pj Sekda Sekda Bombana.

Sementara Kepala BKD Sultra, La Ode Mustari juga tidak memberi konfirmasi terkait proses pergantian dan pengusulan Pj Sekda Bombana. “Saya lagi rapat,” ungkap Mustari ketika dihubungi melalui ponselnya. Wartawan lenterasultra.com, juga mencoba melakukan konfirmasi kepada mantan Pj Sekda Sultra melalui pesan singkat (SMS). Namun sampai berita ini diupload, belum ada jawaban dari Mustari.

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU