Minat Jadi Panwascam di Kolaka Timur Tinggi, Jumlah Pelamar Ratusan

525

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Kolaka Timur, Rusniyati Nur Rakibe
KOLTIM, LENTERASUlTRA.COM Rupanya minat menjadi panitia pengawas tingkat kecamatan (Panwascam) pada Pilkada 2020 di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) cukup tinggi. Terbukti, sejak dibuka 27 November 2019 hingga kini jumlah pelamar mencapai seratusan lebih. Setidaknya menurut Ketua Bawaslu Kolaka Timur Rusniyati Nur Rakibe seluruh kecamatan sudah memenuhi kuota.
“Masih ada satu kecamatan yang jumlah pendaftar belum mencapai kuota, yakni Kecamatan Mowewe. Kita perpanjang lagi hingga tanggal 10 Desesember, pengumuman berkas 12 Desember”ujar Rusniyati, kemarin.
Pasca pendaftaran, pihak Bawaslu akan melaksanakan ujian tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Feat (CAT). Setiap peserta diharapkan mampu menggunakan fasilitas tersebut. Untuk lokasi CAT, Bawaslu bekerja sama dengan Masdrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Koltim.
“Selain ketersediaan fasilitas komputer, kapasitas jaringannyapun sangat mendukung. Makanya kita pilih MTsN 1 sebagai lokasi CAT,”katanya.
Ujian tertulis sistem CAT tersebut baru diberlakukan tahun 2019 ini. Bagi yang sudah pernah mengikuti tes CPNS tentu saja tidak akan mengalami kesulitan. Dengan sistem ini, hasil ujian tulis setiap peserta langsung diketahui apakah memenuhi angka patokan disyaratkan panitia atau tidak.
“Hasil ujiannya tidak bisa di utak-atik siapapun. Apalagi saat itu juga langsung terbaca di Bawaslu RI. Kita harapkan seluruh peserta dapat memanfaatkan teknologi tersebut di barengi dengan kemampuan menjawab setiap soal yang disiapkan,”tambahnya.
Penulis: M. Lukman
Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.