Pendaftar Panwascam Pilkada Muna Naik 11,8 Persen

304
Ketua Pokja Panwascam Bawaslu Muna, Ali Darman. Foto: Istimewa.

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Muna resmi ditutup. Sebelumnya pendaftaran berlangsung lima hari yakni sejak tanggal 28 November hingga tanggal 3 Desember.

Setiap harinya pendaftar Panwascam selalu memadati sekretariat Bawaslu Muna, yang terletak di jalan kelinci Raha. Tak dipungkiri jumlah pendaftar pun dipastikan terjadi peningkatan yang siginifikan dari Pemilu lalu.

Ketua Pokja Panwascam Bawaslu Muna, Ali Darman mengatakan, pendaftaran telah resmi ditutup pada 3 Desember pukul 23.59 Wita. Sesuai jadwal yang telah ditentukan,pendaftaran hanya berlangsung selama lima hari saja.

Iklan
BACA JUGA:  PDPC Demokrat Muna Bakal Gelar Pemaparan Visi Misi Balon Kada di Muna

“Sampai pendaftaran ditutup, jumlah pendaftar berjumlah 369 orang, laki-laki berjumlah 254 dan perempuan 115 orang. Pada pendaftar kali ini terjadi kenaikan 11, 8 persen dari pendaftar saat Pemilu lalu,” katanya melalui pesan Whatsapp, Rabu (04/12/2019)

Untuk jumlah pendaftar, masih didominasi kecamatan yang terletak di kota, yakni Kecamatan Katobu dengan jumlah pendaftar 64 orang. Sedangkan pendaftar yang minim peminat yakni Kecamatan Towea dengan jumlah pendaftar 6 orang.

“Saat ini masih dilakukan penelitian kelengkapan berkas persyaratan adminstrasi, selanjutnya akan diumumkan tanggal 12 Desember nanti, kemudian mengikuti tahapan tes tertulis online dan wawancara” jelasnya.

BACA JUGA:  Hadiri Peringatan HUT PGRI dan HGN, Rusman Emba Ucapkan Terima Kasih kepada Para Guru

Dia menambahkan, ramainya peminat juga dipengaruhi faktor kebanggaan bagi mereka yang mau berkontribusi untuk negara dalam hal Pemilu. Secara sederhana, hal itu membuktikan kemajuan demokrasi baik dalam penyelenggaraan maupun pengawasan Pemilu di daerah.

“Bawaslu dikenal dan dipercaya publik. Ini jadi kebanggaan bagi siapapun yang jadi pengawas Pemilu,” ungkapnya.

Reporter: Fifhy
Editor: Wuu

Komentar Facebook