Pendaftar Panwascam Wajib Enam Orang Per Kecamatan

203

 

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), Bawaslu Muna, Ali Darman. Foto: Istimewa.

MUNA,LENTERASULTRA.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muna telah membuka pendaftaran pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan sejak 27 November sampai 3 Desember. Diketahui, di Muna terdapat 22 kecamatan dengan masing-masing kecamatan berjumlah tiga orang, sehingga jumlah keseluruhan yang akan diterima Bawaslu Muna berjumlah 66 orang.

Ketua Pokja Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Bawaslu Muna, Ali Darman mengatakan, pembentukan Panwascam  berpedoman pada Keputusan Bawaslu RI NOMOR: 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/XI/2019 Tgl 4 November 2019 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Panwas Kecamatan tahun 2019. Dimana Bawaslu Muna telah membuka pendaftaran sejak tanggal 27 November lalu, dengan syarat masing-masing kecamatan harus mencapai 2 kali dari jumlah anggota Panwascam yakni enam orang pendaftar. Apabila tidak mencapai, maka kecamatan tersebut akan diadakan perpanjangan waktu pendaftaran.

Iklan
BACA JUGA:  Kunjungan ke Bawaslu Muna, KPU Minta Money Politic Diawasi!

“Sampai tadi malam yang mendaftar di Sekretariat Bawaslu Muna berjumlah 216 dari 400 lebih yang mengambil formulir pendaftaran. Sedangkan untuk jumlah keselurahan nanti pukul 23.59 sebentar malam. Dari jumlah tersebut, Panwascam yang lama masih mendominasi pendaftaran Panwascam kali ini. Kalau Panwascam lama masih memenuhi nilai tes tertulis, itu menjadi pertimbangan untuk diloloskan kembali. Selain itu, PNS di lingkup Pemkab Muna juga banyak yang mendaftar,” bebernya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (03/12/2019)

BACA JUGA:  Tingkatkan SDM, Staf Bawaslu Muna “Belajar” Jadi Jurnalistik

Dalam merekrut Panwascam, Ali mengatakan, ada dua tahapan yang harus dilalui, yakni tes socrative secara online dan tes wawancara.

“Pelaksanaan tes tertulis  online menggunakan aplikasi socrative, dilaksanakan di  SMP 4 Raha. Kemudian tes wawancara. Setelah itu nilai tes tertulis di akumulasi dengan nilai wawancara. Jadi kami tegaskan, tidak ada istilah lobi melobi karena ini sistem online, sehingga para peserta yang mendaftar hanya perlu belajar dan berdoa,” elasnya.

Nantinya Panwascam tersebut akan dilantik pada 22-23 Desember 2019 untuk ditempatkan masing-masing 3 orang dari 22 kecamatan yang ada di Muna

Reporter: Fifhy
Editor: Wuu

Komentar Facebook