Merdisyam Resmi Ambil Alih Komando di Polda Sultra

1,401
Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam. (RERE/LENTERASULTRA.COM)

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Komando kepemimpinan korps Bhayangkara di Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi sudah diserahkan kepada Brigadir Jenderal (Brigjend) Polisi Merdisyam. Ini setelah Brigjen Pol Iriyanto resmi menanggalkan jabatan Kapolda Sultra dan menyerahkan jabatan ‘sakral’ itu kepada Brigjen Pol Merdisyam, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirsosbud Baintelkam Polri. Sementara Brigjen Pol Iriyanto dipercaya sebagai Irwil III Irwatsum Polri.

Serah terima jabatan (sertijab) orang nomor satu di Polda Sultra itu digelar di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Senin, (30/9/2019) pagi. Merdisyam dilantik bersama 2 Kapolda lainnya yakni Kapolda Riau dan Kapolda Papua.

Serah terima jabatan Kapolda Sultra, Brigjen ol Merdisyam di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, (30/9/2019). (RERE/LENTERASULTRA.COM)

Kapolda Papua yang tadinya diisi oleh Irjen Rudolf A Rodja digantikan oleh Irjen Paulus Waterpau. Sedangkan, Rudolf akan menempati Analisa Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Sementara Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo dimutasi jadi Pati Baintelkam, penugasan di BIN. Jabatannya itu akan diisi oleh Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Tito langsung menyerahkan tongkat komando dan tanda jabatan kepada ketiganya. Sambil memegang tongkat komando, barulah mereka bertiga diambil sumpahnya untuk selalu setiap kepada NKRI, Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Mereka tampak begitu lantang dan lugas saat melafalkan sumpah.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam saat salam komando dengan Kapolda Sultra yang lama, Brigjen Pol Iriyanto di Rupatama Mabes Polri. (RERE/LENTERASULTRA.COM)

Sebelum mengucapkan sumpah, Tito mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan disaksikan oleh tuhan yang maha esa.

“Perlu saya ingatkan bahwa sumpah yang saudara ucapkan akan disaksikan oleh rohaniawan san tuhan yang maha esa. Apakah saudara siap disumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing?” tanya Tito.

“Siap,” jawab mereka serentak.

“Silakan ikuti dan ulangi kata-kata saya,” ucapnya.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat kepolisian negara akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya,” kata Tito yang diikuti seluruh pejabat itu.

Dalam acara ini, hadir pula Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis, Kabarhakam Polri Komjen Tjondro Kirono, Kabaintelkam Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Irwasum Polri Komjen Moechgiyarto, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal hingga Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Penulis: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU