Generasi Milenial Harus Siap Hadapi Tantangan Era Industri 4.0

553

 

Kuliah umum Direktur Utama PT Taspen, Iqbal Latanro, di aula Pasca Sarjana UHO, Kamis (19/9/2019). Foto: Nanan/Lenterasultra.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Puluhan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti kuliah umum yang dibawakan langsung oleh Direktur Utama PT Taspen, Iqbal Latanro, di Aula Pascasarjana UHO, Kamis (19/9/2019). Dalam kuliah umum yang berlangsung selama satu jam ini, para mahasiswa yang notabene sebagai generasi milenial diajarkan peran kepemimpinan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Industri 4.0 adalah yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data.

Teknologi kini menjadi kebutuhan pokok masyarakat melalui inovasi maka kecepatan, akurasi data, serta kemudahan akses data dapat efisiensi.

Related Posts

PKS Menang Besar di Dapil Kabaena

“Tetapi satu hal yang pasti adalah, hal ini akan terjadi dan mau tidak mau kita harus menghadapinya. Salah satunya adalah sumber daya,” katanya.

Iqbal Latanro mengatakan, sebagai pemimpin di dalam sebuah organisasi dibutuhkan 4 kunci utama yaitu pertama mereka harus punya tujuan atau visi ke depan. Intens komunikasi tujuan, mempengaruhi, melibatkan orang lain dan terakhir mencapai hasil atau tujuan yang dinginkan.

“Empat kunci harus dimiliki untuk menjaga keberlangsungan sebuah organisasi,” imbuhnya.

Selain 4 kunci yang disebutkannya di atas, ada 6 elemen utama dalam menghadapi tantangan industri 4.0, yaitu big data analysis yaitu menggambarkan volume besar data, yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk pengembangan bisnis baru. Cloud Computing atau teknologi yang memungkinkan akses jarak jauh ke perangkat lunak, penyimpanan file dan pemrosesan data melalui internet.

Cybersecurity yang berfokus pada perlindungan informasi digital dan internet of things yaitu semua barang fisik yang dapat dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU