Sambut HUT ke-5, Busel Bertabur Prestasi

332
BERBAGI

 

Penandatanganan hibah tanah dari Pemkab Busel kepada Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI guna pembangunan tiga pelabuhan di Busel. Foto: Safrin/Lenterasultra.

BUSEL, LENTERASULTRA.COM – Buton Selatan merupakan suatu daerah otonomi baru (DOB), setelah lima tahun mekar dari Buton. Dua tahun di bawah kepemimpinan Plt Bupati Buton Selatan (Busel), H Arusani, Busel semakin maju, bahkan menuai prestasi. bukan hanya dari sisi insfrakstruktur tapi juga sumber daya manusianya, sehingga dapat berdaya saing dengan daerah-daerah maju lainnya.

Tepat di usia ke-5 pada (24/7/2019), Busel dinobatkan sebagai satu-satunya DOB yang masuk dalam lima besar kabupaten penerima penghargaan perencanaan daerah terbaik tingkat provinsi.

Plt Bupati Buton Selatan, Arusani, memberikan bantuan premi asuransi nelayan kepada masyarakat nelayan. Foto: Safrin/Lenterasultra.
Iklan

Melalui pernghargaan tersebut, Pemda Busel optimis di tahun-tahun mendatang lebih meningkatkan kinerja ASN, sehingga mampu menghasilkan perencanaan daerah yang berkualitas.

Selain itu, di bidang pelaksanaan pembangunan pada tahun 2019 Pemda Busel telah dianugrahkan pengelola PDAM kategori sehat oleh BPKP RI Perwakilan Sultra. Dimana capaian pengelolaan PDAM dari target 15.000 sambungan pipa ke rumah telah terealisasi kurang lebih 8000 SR. Tahun ini Pemda kembali menargetkan sebanyak 3.800 SR.

Plt Bupati Busel, Arusani, menyerahkan bantuan UKM kepada masyarakat usaha pelaku pasar. Foto: Safrin/Lenterasultra.

Di sisi infrakstruktur jalan, dari total jalan 302,148 kilometer, Pemda telah menyelesaikan sepanjang 152,893 kilometer atau 50,50 persen.

Dalam bidang pendidikan dan kesehatan, Pemda Busel juga sangat konsen. Misalnya dengan menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer secara kontinyu, penambahan dan perbaikan RKB di beberapa sekolah.

Plt Bupati Buton Selatan, Arusani, memotong pita peresmian Perpustakaan umum Kabupaten Buton Selatan. Foto: Safrin/Lenterasultra.

Di bidang kesehatan, Pemda Busel telah menyelenggarakan Universal Health Converage (UHC), yakni jaminan kesehatan gratis bagi masyarakat. Kabar baiknya lagi, tahun depan Pemda akan membangun rumah sakit daerah yang representatif.

Tentunya capaian yang paling berharga bagi Pemda Busel di bawah kepemimpinan Plt Bupati Buton Selatan, Arusani, adalah raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pertama kalinya selama lima tahun Busel menjadi DOB.

Plt Bupati Buton Selatan, Arusani, saat foto bersama dengan Bupati Buton Tengah, Samahuddin, serta unsur Forkopimda Busel. Foto: Safrin/Lenterasultra.

Tahun ini pula, Dinas perhubungan mendapatkan beberapa bantuan dari Kementerian Perhubungan RI berupa pembangunan pelabuhan pengumpan lokal Sampolawa, pembangunan pelabuhan feri di Kecamatan Siompu dan pembangunan Pelabuhan Feri di Kecamatan Kadatua. Perjanjian hibah antara Direktorat Jenderal Kemenhub RI dengan Pemkab Busel tentang hibah barang milik negara kapal pelayaran rakyat kepada pemerintah Busel.

“Kapal tersebut SDH ada di Kendari dan rencananya tiba di Busel awal Agustus,” ucapnya.

Bupati Busel H. Ld. Arusani (kiri), Ketua DPRD Busel La Usman (kanan) Kepala BPK Perwakilan Sultra Hermanto, saat foto bersama
usai menerima laporan hasil pemeriksaan BPK atas LKPD 2018. Foto: Istimewa.

Bertepatan dengan perayaan HUT Busel ke-5, bertempat di stadion Lakarada, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI menyerahkan sertifikat Diklat Pemberdayaan Masyarakay dari BP2IP Barombing Makassar yaitu BST (Basic Safety Training), SAT (Safety Awareness Training) dan AFF (Advance Fire Fighting), serta peresmian pengoperasian bus DAMRI Kota Baubau Kecamatan Lapandewa.

Kepala Dinnas perpustakaan dan arsip Daerah Busel juga akan menyerahkan secara simbolis bantuan buku dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sultra ke perpustakaan Labalawa, Desa Tongali Kecamatan Siompu, serta kartu anggota perpustakaan umum kabupaten, kepada Bupati Busel.

Plt Bupati Busel juga menyerahkan secara simbolis bantuan pengembangan usaha untuk UMKM Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan kepada masyarakat. Terakhir penyerahan bantuan premi asuransi nelayan dan pelepasan peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat khusus nelayan. (Adv)

Komentar Facebook