75 Mahasiswa UHO Ikuti Pelatihan PMW 2019

652
Pembukaan Pelatihan PMW 2019 oleh Rektor UHO di Ruang senat lantai 4 rektorat UHO. (RAIS/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 75 Mahasiswa mengikuti pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) hari ini 27/06/19 di Lantai 4 Rektorat Universitas Halu Oleo. Ini merupakan merupakan program yang diadakan oleh Kemenristekdikti sejak 2008. Di UHO sendiri baru terimplementasi sejak 2009.

PMW dilaksanakan di semua kampus di Indonesia. Tujuannya agar mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi tidak hanya berorientasi menjadi PNS akan tetapi juga menjadi wirausahawan.

Sebelum mengikuti pelatihan ini, mahasiswa sudah melewati beberapa proses seleksi. Ada beberapa tahapan untuk bisa menjadi peserta PMW yaitu pendaftaran, pengumpulan berkas, ujian tertulis dan tes wawancara. Hasil dari tes wawancara dinyatakan sebagai peserta PMW 2019.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia PMW, Aswani yang juga merupakan Dosen di Fakultas MIPA di UHO mengatakan bahwa 75 peserta yang lulus merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta di UHO.

“Jumlah peserta yang mendaftar PMW 2019 sejumlah 439 orang, yang lulus berkas 359 orang dan setelah itu mengikuti ujian tertulis. Hasilnya 150 orang lulus ujian tertulis. Dari 150 orang, setelah dilakukan tes wawancara hanya 75 orang yang dinyatakan sebagai peserta PMW 2019,” tuturnya.

Pelatihan PMW 2019 di UHO dibuka langsung oleh Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun F. S.Si. M.Si., M.Sc di ruang senat lantai 4 rektorat UHO. “Sejak awal, PMW di UHO sejak tahun 2009.

Awalnya peserta hanya 40 orang. Sejak tahun 2018 kemarin naik menjadi 60 orang dan tahun ini bertambah menjadi 75 orang. Saya berharap di tahun-tahun kedepannya bisa semakin bertambah” tutur Rektor UHO dalam mengawali sambutannya.

Rektor UHO juga berharap Mahasiswa yang lulus PMW tidak hanya fokus di wirausaha, namun tetap fokus dalam menjalankan kuliahnya.

“Jadilah Wirausahawan Muda Berpendidikan” tegas Rektor UHO mengakhiri sambutannya.

Dalam pelatihan ini dihadirkan pemateri Nyoman Aribowo, S.Pt. yang merupakan Direktur Goal Dream Indonesia Training & Consultant. Pemateri juga baru saja terpilih menjadi Anggota Dewan di Jember, Jawa Timur.

Pelatihan PMW 2019 berlangsung selama 4 hari sejak hari ini 27 Juni sampai 30 Juni 2019. Setelah mengikuti pelatihan ini, Mahasiswa akan di Berikan Modal Usaha sesuai dengan Proposal yang telah mereka ajukan.

Reporter: Rais
Editor: Restu Fadilah 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU