Apapun Kendalanya, Rusman Emba Bakal Perjuangkan Pembangunan Pasar Laino Tuntas

383

 

Bupati Muna, LM Rusman Emba saat buka puasa bersama pedagang Pasar Laino. Foto: Kinong.

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Bupati Muna, LM Rusman Emba, mengaku prihatin melihat kondisi pasar saat ini. Sejak menjabat sebagai bupati, mantan Senator DPD-RI itu telah memikirkan bagaimana caranya agar bangunan pasar yang dibangun era Bupati LM Baharuddin bisa digunakan.

Namun karena ada persoalan yang menyangkut kondisi bangunan dan diduga tidak sesuai dengan anggaran yang digunakan, maka kelanjutan pembangunanya dipending hampir tiga tahun.

Tahun 2018-2019, mantan Ketua DPRD Sultra ini berusaha menganggarkan sebesar kurang lebih Rp20 miliar untuk membangun pasar baru. Hal ini guna memenuhi kebutuhan kios para pedagang secara keseluruhan. Anggaranya diporsikan melalui dana pinjaman di bank. Sayangnya, hingga saat ini, usulan pinjaman itu belum mendapat restu dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Suami Yanti Setiawati itu tak patah arang. Apapun yang menjadi kendalanya, bangunan pasar akan dituntaskan tahun ini.

“Harus tuntas tahun ini, kita akan cari jalan keluarnya,” tegas Rusman disambut tempuk tangan dari para pedagang saat acara buka puasa bersama.

Bangunan pasar yang ada saat ini, menurutnya telah dilakukan uji konstruksi dari tim ahli Universitas Haluoleo (UHO) Kendari. Hasilnya, struktur bangunan baik dilantai satu dan dua layak digunakan.

“Tidak ada yang membahayakan, bangunannya bisa difungsikan,” katanya.

Ia lalu menawarkan para pedagang apakah akan segera menggunakan bangunan itu sebelum lebaran atau sesudah. Para pedagang sontak beramai-ramai menjawab usai lebaran. Alasannya, saat ini mereka sibuk menata dagangan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

“Kita sepakat selesai lebaran. Pembagian kiosnya akan merata, tidak ada yang dianaktirikan,” tuturnya.

Reporter: Kinong
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU