KPU Baubau Gelar Simulasi Pemungutan dan Rekapitulasi Suara

230

 

Simulasi pemungutan dan rekapitulasi suara di Baubau. Foto: Hengki TA.

BAUBAU, LENTERASULTRA.COM – Tinggal seekan lagi, tepatnya 17 April nanti, tiba saatnya kita berpartisipasi dalam demokrasi pemilihan umum (Pemilu). Dengan adanya hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau melaksanakan simulasi pemungutan suara dan rekapitulasi hasil suara pemilu dan pilpres 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di TPS 3 Tomba, di Lapangan Merdeka, Sabtu (6/4/2019). Di TPS 3sendiri terdapat 234 wajib pilih, namun pihak KPU hanya mengambil sampel 100 orang saja.

Pelaksanaan itu sendiri, merupakan perintah langsung dari KPU RI, untuk mengetahui dan melihat dalam pelaksanaan pemilu dan pilpres ke depan. Kelompok Penyelenggra Pemungutan Suara (KPPS) bisa melihat hal-hal yang belum di ketahui.

Untuk peserta pemilu, bisa mengetahui prosedur atau proses-proses, mulai dari masuk hingga keluar dari Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu, Pemerintah dan Polri bisa menyaksikan potensi-potesni yang timbul saat perhitungan suara.

“Jadi ini menjadikan contoh, untuk bahan pembelajaran dan evaluasi saat penyelenggaraan nanti,” ungkap Edi Sabara, Ketua KPU Kota Baubau, saat dikonfirmasi beberapa awak media di Lapangan Merdeka, Sabtu (6/4/19).

Hasil pelaksanaan simulasi tersebut akan disampaikan ke KPU RI, kemudian akan dilakukan rapat bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan stakeholder, agar bisa menjadi perhatian.

Peliput: Hengki TA
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU