Target Partisipasi Pemilih 77,5 Persen, KPU Sultra Bentuk Relawan Demokrasi

276

Target Partisipasi Pemilih 77,5 Persen, KPU Sultra Bentuk Relawan Demokrasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sultra, La Ode Abdul Nasir. Foto: Pebrianto.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra menargetkan partisipsi pemilih pada 17 April mendatang mencapai 77,5 persen. Hal ini disampaikan Ketia KPU Sultra, La Ode Muhammad Nasir, dalam rapat koordinasi bersama Pemprov Sultra, Forkopimda, KPU kabupaten/kota, Bawaslu, serta Kepala daerah kabupaten/kota.

Namun La ode Muhammad Nasir mengungkapkan, untuk mendapat target partisipasi 77,5 persen, tidak akan tercapai jika tidak ada gerakan masal.

“Olehnya itu, di seluruh kabupaten/kota kami bentuk relawan demokrasi yang akan bekerja pada 10 basis,” ungkapnya usai mengikuti rapat koordinasi di kantor Gubernur Sultra, Senin, (01/04/19).

Beberapa diantaranya menyebarluaskan informasi terkait pemilu, memberikan pendidikan politik kepada pemilih, serta intens melakukan sosialisasi di masing-masing kabupaten/kota.

Related Posts

“Sosialisasinya nanti mereka sendiri yang tentukan, apakah di kalangan perempuan, pemilih pemula, dan seterusnya,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan program-program lain yang diperkirakan mampu meningkatkan partisipasi pemilih. Berupa festival musik pemilu atau konser pemilih berdaulat negara kuat.

“Itu sudah kita lakukan dan itu serentak, nanti juga ada kegiatan serentak di Sultra pada 7 April. Nama kegiatannya ‘Pemilu Run’ dengan target peserta yang banyak, sebagai ajang untuk sosialisasi,” urainya.

Dilihat dari informasi yang dikeluarkan oleh lembaga survei, pihaknya juga menyampaikan bahwa satu bulan yang lalu masih didapatkan informasi yang belum mengetahui tentang waktu pelaksanaan pemungutan suara pada hari Rabu tanggal 17 April mendatang, dan itu masih kurang dari 50 persen.

“Tapi ini sebagai tantangan kita, bahkan dengan lembaga yang sama, di bulan berikutnya itu justru sudah di atas 80 persen. Tetapi itu tidak membuat kami kendor untuk tetap sosialisasi sehingga mencapai target partisipasi pemilih 77,5 persen. Karena prinsip KPU provinsi beserta seluruh jajaran optimis untuk meraih angka partisipasi seperti yang telah d katakan sebelumnya, dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah ditetapkan,” tutupnya.

Laporan: Pebrianto
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU