2020, Dispenda Sultra Wacanakan Kendaraan Samsat Online Keliling

1,085

 

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sultra, Yusuf Mundu. Foto: Pebrianto.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sultra, tahun 2020 mewacanakan pengadaan kendaraan samsat online keliling. Guna memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraannya. Dengan begitu mereka tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat, apalagi mesti mengantre.

“Jadi nanti sistem operasinya ini keliling. Setiap ada kegiatan-kegiatan seperti pesta rakyat atau kegiatan apa saja datang di situ parkir, lalu buka loket pembayaran pajak kendaraan, baik kendaraan motor, mobil dan yang lainnya,” ungkap Kepala Dispenda Sultra, Yusuf Mundu, Rabu, (27/3/19).

Ia menambahkan, jika kendaraan SIM keliling ada, Samsat juga ada kendaraan onlinenya. Namun untuk langkah awal akan ditempatkan di daerah daratan terlebih dahulu. Seperti Konawe Selatan misalnya.

“Saya wacanakan minimal satu unit kendaran dulu lah, akan dimasukkan dalam rencana anggaran perubahan 2019. Karena ini akan menunjang pendapantan daerah,” jelasnya

Tak hanya itu, sebagai upaya meningkatkan pendapatan daerah dari segi pajak ini, Yusuf Mundu juga akan membangun kantor Samsat di tiga kabupaten pada tahun 2020, yakni Kabupaten Muna Barat, Buton Selatan, dan Kabupaten Buton Tengah.

“Karena di tiga kabupaten ini belum ada kantor Samsatnya, untuk lahannya sudah ada hibah tanah dari Pemda masing-masing dengan luas tanah 50 x 100 meter,” pungkasnya.

Reporter: Pebrianto
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU