Menuju Revolusi Industri 4.0, Bombana Luncurkan Aplikasi Smart City

662

 

Kanan, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bombana, Andi Idris. Foto: Agus Saputra

BOMBANA, LENTERSULTRA.COM – Tak mau kalah dengan daerah maju lainnya, Kabupaten Bombana justru membuat terobosan baru dengan meluncurkan program unggulan pemerintah daerah, yakni aplikasi smart city. Aplikasi kota pintar tersebut bernama “Bombana Smart Regency” yang berbasis informasi teknologi canggih dengan operasi sistem (OS) android.

Aplikasi yang digagas oleh dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menjadi wajah baru dalam dunia teknologi di kabupaten Bombana dalam menyongsong revolusi industri 4.0. Siapa pun bisa mengakses aplikasi yang bersifat open source ini.

Bukan hanya ruang lingkup organisasi perangkat daerah (OPD) saja yang punya akses ke aplikasi tersebut. Bahkan masyarakat baik dari kalangan kelembagaan, pengusaha, pedagang kaki lima hingga para pengunjung dari luar daerah pun bisa mengakses aplikasi tersebut.

Related Posts

Dengan sekali klik, aplikasi smartphone smart city tersebut menyiapkan banyak fitur, antara lain kolom berita, info kabupaten, aspirasi laporan, angkutan, agenda, wisata budaya, dan video. Juga menyediakan kolom informasi seperti kesehatan, olahraga, jadwal sholat, ATM & bank, SPBU, polisi, hingga kolom info pendidikan.

Kepala Dinas Kominfo Bombana, Andi Idris menuturkan, aplikasi ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam membantu masyarakat mengelola sumber daya dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya.

“Ini program bupati Bombana dalam hal ini H. Tafdil, agar masyarakat Bombana atau lembaga bisa dipermudah dalam hal pelayanan publik juga memudahkan OPD untuk mempublikasikan semua kegiatan mereka. Jadi siapapun bisa mengakses aplikasi ini,” tuturnya pada Jumat (1/3/19).

Ia berharap, dengan hadirnya aplikasi ini Kabupaten Bombana bisa dikenal hingga ke pelosok nusantara.

“Untuk miliki aplikasi ini, silahkan di download di google playstore, tentu gratis tidak dipungut biaya, penggunaanya simple, cukup daftar menggunakan email atau lewat facebook, setelah terdaftar sudah bisa digunakan,” tutupnya.

Reporter: Agus Saputra.
Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU