Kolaka Miliki Bupati Definitif, Istri Umar Samiun Resmi Dampingi La Bakry

1951
Suasana pelantikan terhadap Bupati-Wakil Bupati Kolaka terpilih Ahmad Safei-Muhamad Jayadin dan Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi di Aula Bahteramas. (PEBRIANTO/LENTERASULTRA)

KENDARI, LENTERASULTA.COM – Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Ahmad Safei-Muhamad Jayadin resmi dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Selasa (15/1/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Ahmad Safei-Muhamad Jayadin dibarengkan dengan pelantikan terhadap Wakil Bupati Buton, Iis Eliyanti. Dengan demikian, Istri Umar Samiun tersebut akan mendampingi La Bakry hingga 2022.

Pelantikan digelar sejak pukul 10.00 wita. Pelantikan terhadap Safei, Jayadin dan Iis Eliyanti, sudah berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia nomor : 131.74-8407 tahun 2018, 133. 74-8404 tahun 2018 serta nomor 131. 74- 8827 Tahun 2018.

Dalam sambutannya, Ali Mazi mengatakan bahwa pelantikan terhadap Bupati/Waki Bupati Kolaka hari ini merupakan hasil pemilihan Kepala Daerah serentak secara nasional yang telah dilaksanakan pada 27 Juni 2018 yang lalu. Khusus Kabupaten Kolaka baru dapat dilaksanakan pelantikan pada hari ini seiring dengan berakhirnya masa jabatan bupati/wakil bupati definitif Kab. Kolaka masa bakti 2014-2019.

“Olehnya itu kita patut bersyukur karena telah dapat menyelenggarakan pesta demokrasi didaerah kita dengan aman, damai, lancar dan sukses,” ucap Ali Mazi.

Sedangkan terhadap Iis Eliyanti sebagai Wakil Bupati Buton hari ini merupakan hasil pemilihan Wakil Bupati melalui mekanisme pemilihan oleh anggota DPRD dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Buton. Adapun pemilihan itu dilakukan lantaran La Bakry yang tadinya merupakan Wakil Bupati Buton sudah resmi menjadi Bupati Buton definitif menggantikan Umar Samiun yang terjerat kasus di KPK.

“Setelah dilantik saudara-saudara pada hari ini, maka tidak ada lagi cerita dukung mendukung, semuanya harus mendukung pasangan yang sudah dilantik ini. Kesemuanya harus menyatukan niat, gerak dan langkah bagi kemajuan daerah masing-masing dan kesejahteraan masyarakat yang dipimpin,” katanya.
“Inilah saatnya kita melangkah bersama untuk membangun daerah serta mewujutkan janji-janji dalam kampanye yang lalu untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di daerah yang dipimpin. Saatnya kita bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap masyarakat diseluruh pelosok di daerah kita bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari serta adanya langkah-langkah kongkrit dala  mengentaskan kemiskinan, terobosan dalam mengurangi ketimpangan pembangunan antara wilayah di daerah kita,” sambung Ali Mazi.
Selanjutnya Ali Mazi meminta kepada agar para pejabat yang baru dilantik hari ini dapat mengaktualisasiakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerahnya. Seperti pelayanan dasar, pendidikan dasar, kesehatan, pemenuhan kebutuhan hidup minimal, sarana dan prasarana lingkungan dasar dan pengendalian lingkungan hidup.
“Sedangkan urusan pemerintahan pilihan, berkaitan erat dengan potensi kekhasan daerah, yang juga harus diaktualisasikan dan dioptimalkan pelaksanaannya agar daerah saudara muncul dan dikenal dengan potensinya yang khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain,” tutupnya.
Laporan: Pebrianto
Komentar Facebook