Kepsek Sesultra Dikumpulkan oleh Rektor UHO, Ada apa ?

631
Para Kepsek se Sulawesi Tenggara (Sultra) saat mengikuti sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2019, di Gedung Auditorium Mokodompit UHO. (Humas UHO)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)  tahun 2019 yang diikuti oleh seluruh Kepala sekolah se-Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini digelar untuk meningkatkan pemahaman bagi Kepala Sekolah (Kepsek) yang nantinya akan disampaikan kepada siswanya dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Mokodompit UHO, Sabtu (12/1/2019).

Rektor UHO, Muhammad Zamrun F, menekankan agar dalam pengisian biodata calon mahasiswa baru (Maba) harus jujur.

“Saya harap kepada kepala sekolah di Sultra agar jujur dalam memproses data yang ada sehingga tidak terjadi kecurangan atau manipulasi data, jangan seperti tahun sebelumnya, ada beberapa sekolah yang tidak kita terima di UHO karena itu tidak jujur dalam mengisi data,” ucap Rektor UHO.

Sementara kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Kuota mahasiswa pada 2018 sebanyak 40 persen untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 30 persen untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan 30 persen untuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Sedangkan pada 2019 kuota penerimaan SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen, dan jalur Mandiri maksimal 30 persen.

“Untuk jalur SBMPTN berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana siswa bisa memilih tiga program studi dalam dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sedangkan di tahun ini siswa hanya diperbolehkan memilih dua program

studi dalam dua PTN,” Ungkap zamrun.

Sementara itu di tempat yang sama Wakil Rektor I (Bidang Akademik) UHO, La Hamimu mengatakan, ada dua tahap pendaftaran yang mesti dilewati para calon mahasiswa baru. Pertama mereka mendaftar untuk mendapatkan sesi tes di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), setelah mendapat hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) calon mahasiswa mendatar lagi untuk perguruan tinggi yang dituju.

“Nantinya dalam tes peserta berkesempatan untuk mengikuti dua kali tes, artinya kalau peserta merasa nilai tes awal masih kurang, bisa mengikuti tes kedua dan nilai paling baguslah yang diambil,” jelasnya.

Untuk diketahui Ujian Tes Berbasis  Komputer (UTBK) akan dilaksanakan pada tanggal 13 April – 13 mei 2019 di UHO, pada hari Sabtu dan Minggu dengan dua sesi pagi dan siang dan akan menggunakan sebanyak 1.050 unit komputer/laptop.

Reporter: Febri Wulandari

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU