Rajiun: Festival Modero Boleh Diikuti Masyarakat Kabupaten Muna

500
Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada saat memberikan sambutan dalam Festival Modero di Desa Ondoke, Kecamatan Sawerigadi. (TAMZIL/LENTERASULTRA.COM)

MUNA BARAT, LENTERASULTRA.COM –Kegiatan Festival Modero (Balas Pantun) yang diselenggarakan di Desa Ondoke, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) boleh diikuti oleh seluruh masyarakat, termasuk masyarakat dari Kabupaten Muna. Demikian disampaikan Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada, Kamis, (27/12/2018).

Kegiatan yang diadakan oleh Kesbangpol ini, resmi dibuka oleh Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada. Seremonial pembukaan Festival Modero ditandai dengan pemukulan gong oleh Rajiun.

Berdasarkan pantauan Lenterasultra.com, Rajiun didampingi oleh Wakilnya Achmad Lamani dan Sekretaris Daerah (Sekda), Husein Tali. Turut hadir Wakapolres Muna beserta bawahannya para Kapolsek se-Muna Barat, Para pimpinan OPD se-Mubar dan para pemangku adat yang tergabung dalam lembaga adat (Sarano Liwu). Mereka pun disuguhi pertunjukan Ewa Wuna (Silat Muna).

Dalam kesempatan itu, Rajiun berterimakasih kepada Kepala Badan Kesbangpol La Ode Andi Muna yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan. Karena dengan kegiatan Festival Modero  akan mengangkat kembali budaya Muna yang telah  lama dilupakan.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada Kesbangpol Mubar untuk mengadakan kegiatan, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kembali budaya orang Muna yang telah terlupakan dan bisa dipahami oleh para generasi muda,” tutur Rajiun.

Kegiatan ini , berlangsung selama empat hari, mulai Kamis, (27/12/2018) hingga Minggu 30 Desember 2018. Dalam kegiatan ini akan ada sejumlah perlombaan yang dilangsungkan.

Di akhir acara, Mantan Kasat Pol PP Sultra itu juga menandatangani Prasasti Taman Budaya Kabupaten Muna Barat. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan para peserta Modero.

Reporter: Tamzil Syahyib
Editor: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU