Istri Umar Samiun, Terpilih Jadi Wakil Bupati Buton

2,038
Iis Eliyanti (kiri) terpilih menjadi wakil Bupati Buton. Istri mantan Bupafi Buton, Umar Samiun ini akan mendampingi La Bakry, Bupati Buton (kanan) menjalankan roda pemrrintahan di Kabupaten Buton (internet)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Bupati Buton La Bakry sudah menemukan pendamping. Kini, ia tak bekerja sendiri lagi pasca berpisah dengan pasangannya Umar Samiun, yang terseret persoalan hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dia adalah Iis Eliyanti, Anggota DPRD Buton yang menduduki kursi 02 Buton. Iis terpilih sebagai Wakil Bupati Buton periode 2017-2022 lewat pemilihan suara anggota DPRD setempat pada Senin, (19/11/2018).

Peristiwa membahagiakan ini dibagikan oleh Fadil Usman Moeis melalui akun facebook-nya. Fadil yang mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) sebagai supervisor itu menjelaskan bahwa Isteri Mantan Bupati Buton Umar Samiun itu berhasil meraup 22 suara dari 25 Anggota DPRD yang hadir.

Sedangkan rivalnya, Rian Siombiwi dari Partai Demokrat hanya meraih dua suara. Satu suara dinyatakan abstain atau tidak sah.

Related Posts

Sedangkan, kapan pelantikan terhadap Iis dilakukan? Belum diketahui pasti. Pasalnya hingga berita ini diturunkan, sejumlah Pimpinan DPRD Buton belum merespon pesan konfirmasi yang dilayangkan tim Lenterasultra.com.

Laode Rafiun, ketua DPRD Buton mengatakan, Iis terpilih sebagai calon pendamping La Bakry melalui foting tertutup. Istri Umar Samiun itu memperoleh suara terbanyak yakni 22 dari 25 suara anggota DPRD Buton.

Politisi dari Partai Amanat Nasional ini menambahkan, Iis dan Rian Sionbiwi merupakan dua kandidat wakil Bupati Buton usulan partai pengusung Umar Samiun dan La Bakry saat maju di Pilkada Buton lalu. Hasil dari pemihan di DPRD ini, akan segera diajukan ke Bupati, Gubernur dan Menteri Dalam Negeri. Setalah keluar SK Presiden, baru diagendakan pelantikan.

Rafiun mengaku, pemilihan calon wakil bupati Buton berjalan sangat demokratis. Mengenai mayoritas anggota dewan memilih Iis Eliyanti, ini disebabkan karena dewan sudah sangat mengenal istri Umar Samiun, karena dia juga merupakan anggota DPRD Buton. “Sudah empat tahun teman-teman bersama dengan Iis. Karena kebaikan dan kesantunannya, sehingga hampir semua anggota dewan memilihnya,” kata Rafiun.

Dengan terpilihnya Iis wakil bupati Rafiun berharap agar Iis bisa menjalankan visi dan misi sebagaimana program Umar Samiun-La Bakry saat mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buton di Pilkada lalu, sehingga bisa mensejahterakan masyarakar Buton secara menyeluruh. (rere)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU