Buton Tengah Diguncang Gempa Bumi

1534

LENTERASULTRA.com-Masyarakat Lakudo dan sekitarnya Senin (5/2) pagi ini dibuat sedikit kaget menyusul adanya guncangan di bumi yang mereka pijak. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, ada gempa tektonik di Buteng pada pukul 08:12:19 Wita.

“Kekuatan gempa sekira 3,7 magnitudo dengan episenter pada koordinat 5.41 LS – 122.38 BT sekitar 18 kilometer Barat Daya Buteng, di kedalaman 10 Km,” kata Sumarlin, SP, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Stasiun Geofisika Kendari, melalui press rilisnnya.

Iklan
BACA JUGA:  Ketua DPRD Buteng Nyaris Ditipu Kasat Reskrim Palsu

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa berdasarkan laporan masyarakat gempabumi ini dirasakan di Lakudo, Kabupaten Buton Tengah dalam skala intensitas I SIG BMKG (II MMI). “Alhamdulillah, sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” kata Sumarlin.

Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Tenggara Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 09.00 Wita, belum terjadi lagi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA:  Ertiga Terbalik di Mawasangka, Satu Tewas, Tiga Luka Parah

“Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal yang melalui wilayah tersebut. Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan,” cetus Sumarlin. (isma)

Komentar Facebook