Polisi di Baubau Kontrol Pilkada Lewat Teknologi

602
Kapolda Sultra, Brigjend Pol Andap Budhi Revianto (tengah) saat meresmikan Posko Operasi Mantap Praja di Polres Baubau, sore tadi

LENTERASULTRA.com-Polisi makin kekinian. Kerja-kerja pengamanan konvensional mulai dikurangi, dan digantikan dengan memanfaatkan teknologi. Selain meringankan, kerjanya efisien. Lihatlah terobosan yang dilakukan yang dilakukan jajaran Polres Baubau, yang memilih membangun IT Control Sistem guna menunjang operasi mantap praja 2018.

Kapolda Sultra, Brigjend Pol Andap Budhi Revianto dengan amat bangga, sengaja terbang ke Baubau guna melihat karya anak buahnya. Ia pun didapuk meresmikan posko tersebut, Jumat (19/1), sore tadi. Posko itu hadir untuk mendukung tugas pengamanan pilkada serentak 2018 di Sultra.

Di hadapan Kapolda dan undangan, AKBP Daniel Widya Mucharam, Kapolres Baubau menyampaikan bahwa posko tersebut merupakan inovasi yang diprakarsai langsung Kapolda Sultra dalam rangka modernisasi kepolisian dan juga menyambut perhelatan Pilkada Serentak 2018 khususnya di wiliayah Sultra.

“Posko ini dengan menggunakan IT dalam membantu pelaksanaan operasi Mantap Praja 2018. Ini posko OMP pertama di jajaran Polres, Polda Sultra. Hal ini sejalan dengan adanya situasi kamtibmas menonjol di Wilkum Baubau yang pada tahun 2018 ini melaksanakan Pilgub dan Pilwalikota sekaligus,” kata Kapolres.

Posko tersebut berisi sistem kendali yang mencakup kontrol pengamanan di perangkat pemilu seperti di kantor KPU melalui CCTV yang dapat dimonitor secara live streaming. “Jadi, semua aktivitas di KPU kami pantau,” katanya.

Di Posko itu juga disiapkan para polisi yang bertugas sebagai cyber crime yang mengontrol aktivitas di sosial media yang merupakan sistem pengawasan dalam penggunaan media sosial yang dapat mengganggu situasi kamtibmas seperti hate speech, kampanye negatif, upadate dinamika masyarakat termasuk kaitan dengan dinamika Pilkada.

Selain itu, ada update perkembangan situasi di tingkat nasional/internasional dengan menggunakan TV Kabel yang terintegrasi dengan monitoring screen. “Kita siapkan juga fasilitas video conference yang terpadu dengan wall screen berukuran besar,” tambah Kapolres yang memang identik dengan inovasi ini.

Gedung Utama Polres Baubau dipilih sebagai lokasi posko tersebut. Secara keseluruhan, kata Daniel, pihaknya akan integrasikan ke tiga Polres serta di integraskan ke Polda Sultra, sehingga secara keseluruhan dapat melihat dan memantau di tiga Kabupaten/Kota yang melaksanalan pemilu hingga pemilihan Gubernur.

“Kalau di tingkat Polda ada empat gambar yang bisa kami pantau, mulai dari Kota Baubau, Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka dan Pemilihan Gubernur,” jelasnya. Selain itu, Polda Sultra akan melaksanakan Satuan Tugas (Satgas) Pilkada damai, sehingga pada pengamanan akan bersama-sama dengan peyelanggara pemilu dan stakeholder.(hengki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU