Lima Parpol Siap Merapat ke Asrun

499

asrunoekeee

LENTERASULTRA.com-Gerbong besar, PAN dan PDIP yang sepakat mengusung pasangan Asrun-Hugua di Pilgub Sultra nanti, bakal kehadiran “teman” untuk bergabung. Lima partai segera merapat ke pasangan ini dalam waktu yang tak akan lama.

Partai apa saja itu? Adriatma Dwi Putra (ADP), Sekretaris PAN Sultra enggan menyebutnya. Ia hanya memastikan bahwa rekomendasi ke lima partai itu segera terbit untuk Asrun-Hugua.

“Tidak ekslusif kalau saya sebut,” kata Wali Kota Kendari itu, pagi tadi usai memimpin upacara sumpah pemuda di pelataran kantor walikota Kendari. Lima partai itu disebutnya bakal bergabung membentuk koalisi besar untuk memenangkan Pilgub.

“Kenapa mereka mau? Karena PAN-PDIP ini kan magnet bagi yang lain. PAN pemenang Pemilu di Sultra, sedangkan PDIP juara di level nasional. Siapa coba yang tidak tertarik dengan gerbong pemenang,” kata pria kelahiran 1989 ini.

Menurut ADP, melihat peluang tersebut, Asrun-Hugua pasti akan menang dan banyak partai yang akan merapat karena ingin menjadi pemenang.

“Partai mana  yang tidak ingin menang. Insya allah kita pasti menang. Kan ngga mungkin partai besar, koalisi besar terus kalah. Kami harap partai yang akan bergabung membawa gerbong dan kekuatannya untuk memenangkan Asrun-Hugua,” harap ADP.

Bila merujuk pada konstalasi terakhir, partai-partai yang saat ini belum menentukan calon tersisa adalah Demokrat, Gerindra, PKS, Hanura, PPP dan PKB, atau enam parpol. Total kursi yang tersisa adalah 21 kursi.

Andai memang pernyataan ADP tersebut menjadi kenyataan, maka sudah bisa dipastikan bakal hanya dua pasangan yang maju dari parpol plus satu perseorangan.

Saat ini, selain Asrun-Hugua dengan usungan PAN-PDIP, sudah ada Ali Mazi-Lukman Abunawas yang diusung Partai Golkar-Nasdem. Nah, jika benar nanti lima parpol bergabung ke Asrun, peluang pasangan lain sudah tertutup.

“Kalau kita melihat peta perolehan suara yang ada di DPRD Sultra, PAN saja sudah memenuhi syarat. Apalagi ditambah PDIP. Kalau besok di buka pendaftaran, mungkin kami yang akan lebih dulu mendaftar,” beber kepala daerah termuda di Sultra itu.

Disebutkan ADP, SK yang diterbitkan DPP PAN berupa format B1 KWK yang memang dipersiapkan langsung untuk pendaftaran di KPU. “Bukan lagi rekomendasi tetapi langsung SK yang kita terima sudah dalam format B1 KWK tersebut,” tambahnya.

Diakhir pemaparannya, dia mengatakan, deklarasi Asrun-Hugua akan dijadwalkan, setelah dilaksanakan rapat koalisi dan menerima SK partai yang akan bergabung. “Nantilah kita akan jadwalkan deklarasi Asrun-Hugua. Saat ini membangun dan semakin meperbesar koalisi dulu untuk memenangkan Pilgub Sultra nanti,” tandas ADP. (isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU