Buton Gagas Festival Teluk Pasarwajo

620
FOTO DOK LENTERA SULTRA.com Bupati Buton non aktif, Samsu Umar Abdul Samiun bersama seorang pejabat Kementerian Parawisata dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu mengunjungi Teluk Pasarwajo. Umar yakin bahwa Teluk Pasarwajo bisa jadi salah satu destinasi wisata keren
FOTO DOK LENTERA SULTRA.com
Bupati Buton non aktif, Samsu Umar Abdul Samiun bersama seorang pejabat Kementerian Parawisata dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu mengunjungi Teluk Pasarwajo. Umar yakin bahwa Teluk Pasarwajo bisa jadi salah satu destinasi wisata keren

LENTERASULTRA.com-Semangat Samsu Umar Abdul Samiun untuk terus mengenalkan potensi wisata Buton tetap dijaga para aparat birokrasinya di Kabupaten Buton.  Meski Umar berstatus Bupati Buton non aktif, gagasan-gagasanya tetap dijalankan.

Salah satunya soal kemolekan Teluk Pasarwajo yang harus terus dipromosikan. Itulah kenapa, Dinas Parawisata Bupati sedang menyiapkan sebuah hajatan besar bertajuk Festival Teluk Pasarwajo. “Persiapannya sedang dijalankan,” kata La Ode Zainuddin Napa, Kadis Parawisata Buton.

Ia menjelaskan untuk membuat iven butuh waktu lama. salah satunya perencanaan yang matang dan promosi agar diketahui khalayak paling tidak enam bulan sebelum kegiatan dilaksanakan. “Supaya bisa menggaet wisatawan banyak. Baik asing dan domestik,”ujarnya.

Iklan
BACA JUGA:  Januari, La Bakry Dilantik Jadi Bupati Buton

Mantan Kadis Infokom Kabupaten Buton ini menambahkan, Teluk Pasarwajo punya banyak nilai eksotisme seperti keindahan bawah lautnya yang kaya akan biota laut. “Salah satunya ikan langka Mandarin Fish. Banyak di teluk Pasarwajo, dan layak jadi spot diving wisatawan,”tukas mantan Kepala Kantor Penghubung Pemkab Buton di Kendari ini.

Sebenarnya, ada rencana dari Plt Bupati Buton agar iven-iven bertema wisata digelar tiap bulan. Tapi menurut Kadis Parawisata, butuh persiapan matang termsuk konsep agar gelaran semacam itu bisa sukses.

BACA JUGA:  Umar Sebut Jaksa Abaikan Fakta Sidang

Zainuddin Napa percaya bahwa Buton punya banyak tempat yang bisa jadi rujukan destinasi mulai dari pantainya yang indah, desa adatnya. Salah satunya adalah desa adat di di Wabula, kemudian ada kampung Bajo Bahari jika ingin melihat komunitas masyarakat  bajo yang ada di Buton.(yen/kepton pos)

Editor : Yanti Aprilianti

Komentar Facebook