Sekolah Wajib Nyanyikan Indonesia Raya Tiga Stanza

438

JAKARTA-Sejak pertama kali menjejak kaki di Sekolah Dasar (SD), Annadhif Izzatul belum sekalipun mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang di sekolahnya, di SD 1 Poasia, Kendari. Sekarang, bocah yang dipanggil Izzat itu sudah duduk di bangku kelas II. “Kalau upacara, hanya dikasih dengar lagu (instrumentalia-red) saja. Saya tidak tahu bagaimana menyanyinya,” aku anak berusia 8 tahun ini.

Muhadjid Effendi
Muhadjid Effendi

Untung, Izzat pernah mendengar lagu Indonesia Raya dinyanyikan saat bersekolah di TK. Saban Senin, pengajar di tempatnya mengajari anak-anak dibawah 6 tahun, mensimulasikan upacara bendera. Termasuk tentu saja menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama. “Saya sering dengar juga di TV, tapi di SD tidak pernah,” begitu pengakuannya. Sekarang, ia makin jauh dari rutinitas upacara Senin pagi karena kelasnya masuk siang.

Ini tentu masalah. Bagaimana mengharapkan Izzat dan kawan-kawan seusianya punya nasionalisme tinggi jika mereka tak pernah perdengarkan lagu karangan WR Supratman itu. “Mulai sekarang, semua sekolah wajib ajarkan anak-anak lagu Indonesia Raya, bahkan harus tiga stanza,” tegas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy saat mengumumkan guru dan tenaga kependidikan (GTK) berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional 2017, Sabtu (19/8) di Jakarta.

Penggarisan ini terasa tepat. Apalagi ancaman degradasi nasionalisme bakal dihadapi negeri ini jika hal-hal semacam ini diabaikan sejak dini. Kata Mendikbud, seluruh sekolah harus menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza saat upacara bendera. Dengan menyanyikannya secara lengkap, diharapkan akan menumbuhkan semangat nasionalisme.

Selama ini menurut Muhadjir Effendy, yang dinyanyikan hanya satu stanza. Padahal lagu Indonesia Raya terdiri dari tiga stanza. Stanza pertama, pendahuluan. Stanza kedua, isinya dan stanza ketiga penutup. “Jadi selama ini kita hanya menyanyikan pendahuluannya. Inti dan penutupnya malah nggak, makanya mulai tahun ajaran ini wajib tiga syanza,” ujar Muhadjir.

Di depan ratusan GTK, Muhadjir lantas meminta agar seluruh guru mengajarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza kepada siswanya. Dia bahkan menitipkan ratusan CD lagu Indonesia Raya tiga stanza. “Tolong ajarkan di sekolah masing-masing. Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang lengkap, anak-anak bisa tahu bagaimana mencintai tanah airnya. Dengan begitu, tidak akan ada lagi tindakan kekerasan di sekolah,” tandasnya.

Ada 108 guru dan tenaga pendidik di Indonesia yang hadir dalam acara yang digelar di Gedung Kementerian Pendidikan ini. Menurut Muhadjir inti lagu Indonesia Raya ada di bagian tengah. Namun syair tersebut selama ini tidak dinyanyikan lantaran versi yang kerap diperdengarkan hanya satu stanza.

Sebelumnya,  Muhadjir berujar akan membuat surat edaran baru yang mewajibkan lagu Indonesia Raya versi lengkap tiga stanza untuk dinyanyikan tiap upacara bendera. Tiga stanza dalam lagu Indonesia Raya, kata dia, sebenarnya tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Hamid Muhammad menuturkan surat edaran  Menteri Pendidikan untuk sekolah-sekolah untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza sudah diteken pekan lalu. “Begitu sekolah sudah menerima, seharusnya segera menerapkan,” ujarnya.(har/jpnn)

Lirik Lengkap Indonesia Raya 3 stanza:

Stanza 1
Indonesia Tanah Airku Tanah Tumpah Darahku
Di Sanalah Aku Berdiri Jadi Pandu Ibuku
Indonesia Kebangsaanku Bangsa dan Tanah Airku
Marilah Kita Berseru Indonesia Bersatu

Hiduplah Tanahku Hiduplah Negeriku
Bangsaku Rakyatku Semuanya
Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku Negeriku yang Kucinta
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Stanza 2
Indonesia Tanah yang Mulia Tanah Kita yang Kaya
Di sanalah Aku Berdiri Untuk Selama-lamanya
Indonesia Tanah Pusaka Pusaka Kita Semuanya
Marilah Kita Mendoa Indonesia Bahagia

Suburlah Tanahnya Suburlah Jiwanya
Bangsanya Rakyatnya Semuanya
Sadarlah Hatinya Sadarlah Budinya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku Negeriku yang Kucinta
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Stanza 3

Indonesia Tanah yang Suci Tanah Kita yang Sakti
Di sanalah Aku Berdiri Menjaga Ibu Sejati
Indonesia Tanah Berseri Tanah yang Aku Sayangi
Marilah Kita Berjanji Indonesia Abadi

Slamatkan Rakyatnya Slamatkan Puteranya
Pulaunya Lautnya Semuanya
Majulah Negerinya Majulah Pandunya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku Negeriku yang kucinta
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU