Penerima Vaksin Covid-19 di Bombana Bertambah 7.626 orang

77
Darwin Ismail, Kepala Dinas Kesehatan Bombana. Foto : Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Penduduk Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara yang menerima suntikan vaksin covid-19 terus bertambah. Di bulan Oktober 2021, bertepatan dengan pelaksanaan program sepekan vaksin tahap kelima, tercatat 7.626 warga di bekas pemerintah Kabupaten Buton itu kembali menerima vaksinasi virus corona.

Ribuan penduduk penerima vaksin itu tersebar di 22 Kecamatan yang ada di Bombana. Mereka menerima vaksin mulai Rabu, 13 Oktober – Kamis 21 Oktober 2021. “Oktober ini, ada lagi tambahan penduduk Bombana yang terima vaksin. Jumlahnya 7.626 orang,” kata Darwin Ismail, Kepala Dinas Kesehatan Bombana.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bombana ini mengaku, capaian vaksin sebanyak 7 ribuan orang itu, tidak sesuai dengan target yang dibebankan. Dalam program sepekan vaksin tahap lima, 22 puskesmas yang tersecar di 22 Kecamatan di Bombana diberi target sebanyak 8.228 orang. “Yang terealisasi sekitar 90,38 persen,” sambungnya.

-IKLAN-

Darwin menambahkan sesuai laporan pcare puskesmas se-Kabupaten Bombana yang diterima, hingga batas akhir pelaksanaan program sepekan vaksin tahap lima, dari 22 puskesmas hanya 7 yang memenuhi bahkan lebih capaian targetnya. Sementara 15 puskesmas lainnya, capaian vaksinasinya dibawah 100 persen. Bahkan ada satu puskesmas yang cakupan targetnya dibawah 50 persen.

Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Poleang Timur. Dari sasaran vaksin sebanyak 636 orang, yang berhasil divaksin hanya 300 orang atau 47,17 persen. Sasaran yang tidak tercapai sebanyak 336 orang atau sekitar 52,83 persen. Darwin berharap, di program sepekan vaksinasi berikutnya, puskesmas yang tidak memenuhi target ini bisa bekerja maksimal lagi sehingga capaian vaksinasi di Kabupaten Bombana terus meningkat.

“Kalau vaksin terus digenjot dan meningkat, otomatis status level PPKM kita juga bisa menurun sehingga pembatasan kegiatan masyarakat juga berkurang. Saya menghimbau kepada warga Bombana yang belum vaksinasi covid-19 untuk segera mendatangi gerai-gerai vaksin terdekat. Vaksin aman dan halal,” ungkapnya.

Penulis : Nuryadi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.