Vaksinasi  Covid-19 untuk Lansia di Bombana Baru 7 Persen

43
Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Bombana, Tarzan, SKM saat menerima suntikan vaksinasi Covid-19. Foto :Ist

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM – Warga yang sudah lanjut usia (lansia) menjadi salah satu sasaran vaksinasi Covid-19.  Di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara  persentase warga lansia yang mengikuti vaksinasi masih sangat minim. Hanya 7,13 persen. Padahal, target vaksinasi untuk penduduk Bombana yang berumur lebih dari 60 tahun tersebut cukup tinggi.

“Capaian vaksinasi lansia memang masih terbilang rendah. Sampai hari ini (Selasa, 24/8/2021, red) baru terealisasi sekitar 7,13 persen,” kata Tarzan, SKM, Kepala bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Bombana. Khusus di Kabupaten Bombana sambung Tarzan, warga lansia yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 7.926 orang.

-IKLAN-

Sampai menjelang akhir Agustus 2021 ini, lansia yang sudah mendapat suntikan sebanyak 565 atau 7,13 persen. Ini berarti masih ada sebanyak 7.361 lansia yang belum divaksin. Angka ini, masih sangat jauh dari target. “Ini khusus dosis satu,” sambungnya. Sementara lansia yang sudah menerima vaksin lengkap yakni dosis 1 dan 2, sebanyak 122 orang atau sekitar 1,54 persen.

Menurut Tarzan, minimnya warga lansia ini ikut vaksinasi disebabkan karena berbagai faktor. Diantaranya, umur yang sudah lanjut sehingga mempengaruhi mobilitas mereka dari rumah ke tempat pelayanan vaksinas, memiliki penyakit bawaan atau comorbid, sehingga saat screening status vaksinasinya masih ditunda atau bahkan tidak bisa diberikan.  Meski diakui masih minim, vaksinasi lansia ini akan menjadi perhatian untuk dilakukan vaksinasi. Sebab lansia dinilai sangat rentan terhadap Covid-19.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU