Pemkab Bombana Terima 63 Vial Vaksin Moderna

74
Andi Ira Anggraeny, S.KM.,M.Kes, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bombana

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana menerima 63 vial vaksin Covid-19 jenis Moderna. Puluhan vaksin covid-19 buatan Amerika itu diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes) di bekas otorita Kabupaten Buton tersebut.

Vaksin Moderna sudah tiba di Bombana sejak Selasa (3/8/2021) lalu. Vaksin dosis ketiga ini, dijemput personil dari Dinas Kesehatan Pemkab Bombana di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Selanjutnya, puluhan vial vaksin Moderna ini, diamankan di ruang khusus penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan Bombana.

“Untuk tahap awal, kami menerima 63 vial vaksin Moderna dari Dinas Kesehatan Provinsi,” kata Andi Ira Angraeny, SKM.,M.Kes, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bombana.  Perempuan berhijab ini menambahkan, untuk satu vial, setara dengan 14 hingga 15 dosis, sehingga ada sekitar 880-an tenaga kesehatan yang bisa divaksin dengan vaksin Moderna. Nakes yang menerima vaksin dosis tiga bernama Moderna ini adalah mereka yang sudah menerima vaksin dosis 1 dan 2 merk sinovac.

-IKLAN-

Andi Ira bilang, untuk tahap awal, vaksin Moderna ini baru diberikan kepada Nakes yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bombana. Sementara Nakes yang ada di Dinas Kesehatan dan 22 Puskesmas di Kabupaten Bombana, belum mendapatkan vaksin Moderna. Hal ini disebabkan karena Nakes yang bertugas di puskesmas, baru selesai melaksanakan vaksin massal di masing-masing wilayahnya.

“Tidak mungkin mereka diberikan vaksin Moderna, sementara mereka tengah berada dilapangan memberikan vaksin dosis satu dan dua kepada masyarakat,” katanya. Beda halnya dengan nakes di RSUD. Mereka tetap bekerja di rumah sakit dan tidak bertugas di lapangan melakukan pelayanan vaksin. Makanya, Nakes di RSUD menjadi prioritas pertama pemberian vaksin Moderna.

Sementara untuk Nakes di semua puskesmas di Bombana, tetap menerima suntikan moderna. Mengenai waktunya, Andi Ira bilang pihaknya tengah menunggu jadwal pastinya. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, Nakes di puskesmas sudah menerima vaksin dosis tiga Moderna,” ungkapnya.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU