Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Bombana Penuh

101
Darwin Ismail, Kepala Dinas Kesehatan Bombana. Foto : Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Ruang isolasi Covid-19 di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk saat ini penuh. Ini menyusul banyaknya warga di bekas otorita Kabupaten Buton itu,  terpapar Covid-19. Hingga Selasa (20/7/2021), sebanyak 119 penduduk Bombana dilaporkan terinveksi virus Corona.

“Untuk saat ini, tidak ada lagi ruang isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit Bombana,” kata Darwin Ismail Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Rabu (21/7/2021). Menurutnya, di rumah sakit plat merah itu, ada 7 kamar yang disiapkan untuk ruang isolasi. Namun sejak beberapa hari terakhir, semuanya terisi pasien covid.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bombana ini menambahkan, tujuh kamar di ruang isolasi itu dipakai oleh pasien Covid-19 dengan gejala berat. Mereka sudah menjalani perawatan sejak beberapa hari terakhir. Akibat membludaknya pasien Covid-19 ini, Darwin mengaku akan mendirikan ruang perawatan darurat di sekitar ruang isolasi. “Ini untuk mengantisipasi lonjakan pasien dengan gejala berat dan butuh perawatan di rumah sakit,” katanya.

Darwin menambahkan, pasien covid-19 di Bombana terus mengalami lonjakan hingga menembus angka 100 orang lebih. Dari 100-an pasien Covid-19 ini, kebanyakan bergejala ringan dan melakukan perawatan mandiri di rumah masing-masing.

Meski melakukan isolasi mandiri, pasien Covid-19 yang tersebar di 15 Kecamatan, turut dipantau satuan tugas Covid yang sudah dibentuk di desa dan kelurahan masing-masing. Selain itu, pelibatan personil TNI, Polri, Satpol PP juga dikerahkan dalam memantau pasien Covid-19 yang melakukan karantina di rumah.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU