Korea Selatan Sumbang 200 Oxygen Concentrators untuk Indonesia

20

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Korea Selatan menyumbangkan 200 unit oxygen concentrators untuk Indonesia dalam upaya penanggulangan Covid-19. Sumbangan tersebut telah tiba pada Minggu malam (18/7/2021), di Bandara internasional Soekarno Hatta melalui penerbangan Asiana Airlines OZ761.

Disaksikan oleh tim Kementerian Luar Negeri (Kemlu), dukungan dalam bentuk 200 unit oxygen concentrators tersebut telah diserahterimakan oleh pihak Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta kepada pihak Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes.

Bantuan tersebut akan didistribusikan kepada fasilitas-fasilitas kesehatan di beberapa kota di Indonesia, termasuk di Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Melansir dari asiatoday.id, dukungan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Menlu RI Retno L.P. Marsudi dan Menlu RoK Chung Eui-yong di Jakarta pada tanggal 25 Juni 2021. Dalam kesempatan tersebut, kedua Menlu berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dalam menghadapi dampak dari munculnya varian baru virus Covid-19 di berbagai kawasan di dunia. Ketibaan oxygen concentrators merupakan tahap pertama dari komitmen dukungan kerjasama senilai USD 1 juta dari Pemerintah RoK untuk tahun 2021.

Kerja sama RI-RoK dalam kerangka Kemitraan Strategis Khusus terus terjalin dengan erat selama masa pandemi Covid-19, khususnya dalam menanggulangi pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi. Kemitraan ini tidak hanya terefleksikan dari interaksi yang intensif antar-Pemerintah, tetapi juga kerja sama antar-bisnis dan antar-masyarakat yang terus berkembang.

Korea Selatan adalah salah satu dari mitra dagang dan mitra investasi terbesar bagi Indonesia. Pada akhir tahun 2020, kedua negara menyetujui pembentukan Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) yang berpotensi untuk semakin mendekatkan kemitraan ekonomi di antara kedua negara. (ATN)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU