Ikut Vaksinasi Covid-19 di Bombana Dapat Uang Tunai

356
Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Darwin Ismail (kiri) didampingi Kepala Dinas Kominfo Bombana, Sofyan Baco. Foto : Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Vaksinasi Covid-19 masih menjadi masalah di banyak negara, termasuk di Indonesia.  Berbagai cara pun dilakukan agar warga mau disuntik vaksin.

Di Kabupaten Bombana,  penduduk yang datang imunisasi Covid-19 diberikan uang tunai. Hadiah ini didapatkan warga di daerah itu, selama mengikuti imunisasi Covid dalam program vaksin sepekan.

“Warga yang ikut vaksin selama vaksin sepekan memang diberi uang tunai,” kata Darwin Ismail, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana. Besaran dana yang diberikan sebesar Rp 50 ribu.

-IKLAN-

Dana tersebut dikucurkan sebagai biaya pengganti transportasi warga saat datang imunisasi. Uang 50 ribu rupiah itu diberikan dua kali. Tahap pertama, sebesar Rp 25 ribu diberikan saat penduduk Bombana datang menerima suntikan dosis pertama. Sementara sisanya akan dikucurkan saat menerima suntikan vaksin dosis kedua.

“Kita sudah menyita waktu, tenaga dan aktivitas warga. Mereka meninggalkan semua pekerjaannya mencari nafkah demi vaksin. Sebagai penggantinya, kita beri uang transpor,” sambungnya.

Mantan kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) ini mengaku dana transportasi bagi penduduk yang datang vaksin bersumber dari dana refocusing. Di Bombana sendiri, jumlahnya sekitar Rp 39 Miliar, dimana sumbernya dari refocusing Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Bombana tahun 2021 sebesar 8 persen.

Sejak program sepekan vaksin digelar Pemkab Bombana Sabtu (19/6/2021) hingga Sabtu (26/6/2021) tercatat 16 ribu lebih penduduk di daerah itu sudah menerima vaksin sinovac tahap pertama. Jumlah itu, melebih dari yang ditargetkan yakni 14 ribu orang lebih. (Ads)

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU