Tiga Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Lambandia Koltim Ditutup Sepekan

337
Pemberitahuan penutupan Puskesmas Lambandia, kabupaten Koltim akibat tiga nakes positif Covid-19. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Kasus penyebaran Covid-19 terus menunjukan keganasan. Kali ini, tiga tenaga kesehatan di Puskesmas Lambandia, Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya pelayanan di tempat tersebut harus dialihkan sementara di Puskesmas terdekat yakni Puskesmas Aere dan Polipolia.

Adanya pasien terkonfirmasi positif tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka Timur, dr. Munir Abu Bakar saat dikonfirmasi via sambungan telepon, Kamis (24/12/2020).

“Benar, ada tiga orang nakes positif. Kalau yang pertama itu saya lupa kapan terkonfirmasi. Tapi dia dari Makasar. Yang dua orangnya, mereka kontak erat dari yang pertama tadi dan dinyatakan positif sekitar dua hari yang lalu,” ujarnya.

Ketiga pasien tersebut berstatus orang tanpa gejala (OTG) sehingga mereka harus menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing dengan pantuan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Koltim. Sementara itu, Puskesmas tersebut harus disterilkan dengan melakukan penyemprotan disinfektan agar tidak terjadi ledakan kasus baru.

“Nakes yang lain sudah di swab, tempatnya sudah disemprot juga. Untuk Puskesmas ditutup selama tuju hari sejak 24 hingga 30 Desember 2020,” katanya.

Saat ini pihaknya sedang hasil menunggu hasil swab nakes lainnya. Jika ada kontak erat yang positif, maka mereka akan dikarantina atau isolasi mandiri juga. Untuk diketahui, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Koltim sebanyak 87 orang, yang masih diisolasi 28 orang dan dinyatakan sembuh 59 orang. (Ads/Herlis Omputo Sangia)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU

Buruh Tolak THR Dicicil

Para pekerja meneriakkan slogan-slogan saat protes menuntut kenaikan upah di Jakarta 1 November 2013. (Foto: Reuters/Beawiharta) JAKARTA,…