Dikbud Sultra Target Bisa 100 Persen UNBK

456
Muh.Haris Silondae Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Provinsi Sultra

LENTERASULTRA.com-Empat bulan lagi, atau mulai April 2018 nanti, sekolah-sekolah di Indonesia mulai dari tingkat SMA hingga SD akan mengelar ujian nasional (UN), secara serentak, tentu saja termasuk Sultra. Persiapan pelaksanaan ujian kini sudah dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satunya terkait tersedianya sarana komputer.

Komputer dibutuhkan guna mendukung program pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dikbud Sultra berharap semua sekolah, khususnya SMA, baik Negeri maupun swasta mampu melaksanakan UNBK. “Mendikbud meminta agar tahun 2018 nanti, SMA/SMK di Indonesia harus bisa 100 persen UNBK,” kata Muh Haris Silondae, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Sultra.

Makanya, saat ini pihaknya sedang berusaha maksimal agar semua SMA di Sultra bisa menggelar UNBK. Desember lalu, Disdikbud juga sudah menerbitkan SK tim verifikasi yang akan mendata sekolah-sekolah yang benar-benar siap dan ditunjang oleh sarana prasarana seperti komputer, jaringan internet termasuk listrik dalam rangka untuk mengikuti UNBK nanti.

Ia melanjutkan bahwa maslaah utama yang harus dihadapi oleh pihak sekolah yang akan melaksanakan UNBK ini adalah unit computer yang ada di sekolah tidak bisa mengcover jumlah siswa yang akan menjalani UNBK. “Kami sedang berusaha untuk dapat menyelesaikan problem besar tersebut,” tukasnya.

Sementara itu, La Ode Suayib S.Pd Kepala SMA Kartika Kendari mengungkapkan bahwa pihaknya sedang melakukan persiapan terkait UNBK pada tahun 2018 ini. ”Kami belum bisa pastikan untuk keikutsertaan, namun kami tetap berusaha untuk dapat mengikuti UNBK ini,” katanya.

Ia menjelaskan di sekolahnya ada 235 siswa kelas ujian, yang artinya setidaknya memerlukan 75 unit komputer. “Untuk saat ini memang kami belum memiliki banyak unit komputer namun tetap kami akan berusaha untuk itu,” ujarnya.(astil)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU