Pj Bupati Bombana : Tampilkan Seni Bermain, Raih Juara dengan Sportif

87
Kemeriahan pembukaan turnamen bola voli di Bombana yang pembukaanya dihadiri sejumlah pejabat. Nampak hadir Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto (ketiga dari kiri), ada Ketua KONI Bombana, Arsyad (tengah), Sekretaris PBVSI Sultra, Ahmat (berjaket biru), Ketua PBVSI Bombana, Iskandar (berbaju hijau). Pj Bupati saat memberi sambutan meminta pemain untuk sportif dalam bermain. FOTO :ADHI

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Turnamen bola voli cup sedang berlangsung di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra). Olahraga bergengsi ini digelar oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) setempat. Hadiahnya tidak kaleng-kaleng, sampai angka Rp100 Juta. Ada 17 tim yang ikut, terdiri dari 11 tim putra dan 6 tim putri. Belasan tim ini tidak hanya didominasi peserta dari Sultra, tetapi ada juga tim dari Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Pulau Jawa.

Turnamen bola voli cup 2 ini dibuka Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto. Seremoni pembukaannya ditandai dengan service pertama Edy Suharmanto yang ditujukan kepada salah satu tim yang akan berlaga di pertandingan tersebut. Saat membuka gelaran kompetisi, sejumlah pejabat turut membersamai Pj Bupati Bombana. Mulai dari Sekretaris daerah, Man Arfa, Ketua DPRD sekaligus Ketua KONI Bombana, Arsyad, Wakil Ketua DPRD sekaligus Ketua PBVSI Bombana, Iskandar, Sekretaris PBVSI Sultra, Ahmat, enam direksi Bank Bahtermas serta sejumlah Forkopimda.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto didampingi Sekda Bombana, Man Arfa berbincang serius dengan Iskandar, Ketua PBVSI Bombana di sela-sela seremoni pembukaan turnamen bola voli di Bombana, Selasa (30/4/2024). FOTO :ADHI

 

Pj Bupati Bombana mengaku menyambut baik open turnamen bola voli cup yang diselenggarakan di daerah pimpinannya itu. Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini bahkan mengapresiasi dan mendukung langkah PBVSI Bombana dalam mengembangkan olahraga bola voli dengan menggelar turnamen berskala regional.

Meski begitu, Edy Suharmanto meminta kepada seluruh peserta dalam turnamen bola voli kedua itu untuk selalu menjunjung sportivitas selama berlomba. Pj Bupati mengaku, dalam setiap turnamen juara adalah tujuan. Namun dirinya tidak respek dan sepakat jika juara itu didapat dengan cara yang tidak wajar, curang atau tidak sportif.

Olehnya itu, Edy Suharmanto berpesan kepada semua peserta yang berlomba, official dan panitia, kiranya dapat memanfaatkan turnamen bola voli tersebut. Disamping ingin mendapatkan juara, dia juga meminta untuk menampilkan seni dari olahraga ini. “Karena yang ditonton bukan juaranya, tapi bagaimana penampilan anda dalam meraih juara. Berjuanglah dengan sportif, tampilkan seluruh kemampuan yang dimiliki, jangan  lupa seni dari permainan itu sendiri,” katanya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto didaulat melakukan service perdana sebagai simbol dibukanya secara resmi turnamen bola voli cup II Bombana, Selasa (30/4). FOTO :ADHI

 

Pj Bupati mengaku, meski dalam ajang ini Bombana menjadi tuan rumah, dimana panitia dan seluruh unsur termasuk Ketua KONI dan Ketua PBVSI Bombana ikut terlibat dalam ajang bergengsi ini, Edy Suharmanto mengingatkan agar semua pihak ini tetap bekerja dengan sportif dan jangan berupaya mendapatkan juara dengan cara tidak benar. “Jika itu dilakukan, sebagai Pj Bupati saya tidak respek. Tunjukan suportivitas selama teman-teman atlet mengikuti pertandingan ini,” pesan Bupati Edy.

Pejabat eselon dua di Kemendagri ini bahkan mengambil contoh pertandingan semifinal sepakbola di ajang piala Asia U-23 antara Indonesia dan Uzbekistan.  Edy mengatakan, pertandingan ini membuat supporter dan  pemain Indonesia merasa kecewa atas indikasi kecurangan yang diambil wasit yang memimpin laga perebutan tiket menuju final itu.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto berbincang dengan Sekretaris PBVSI Sultra, Ahmat disela-sela-sela pembukaan kejuaraan bola voli di Bombana. FOTO :ADHI

 

“Kita sudah menyaksikan bagaimana kecewanya kita Indonesia pada saat pertandingan yang kita nonton. Walaupun tindakan wasit benar ataupun salah, kita sebagai penonton merasa dicurangi. Olehnya itu dalam ajang bola voli ini, saya meminta kepada semua pihak agarberjuang meraih juara dengan sportifitas yang tinggi,” katanya.

Edy mengaku, predikat juara dalam suatu pertandingan memang  menjadi satu idaman. Olehnya itu, raihlah juara dengan cara yang sportifitas dan kejujuran dalam pertandingan, karena itu akan lebih abadi. Pejabat Kemendagri ini juga berharap agar pertandingan olahraga bola voli yang digelar PBVSI Bombana, bisa terus dikembangkan karena dengan pertandingan semacam ini bisa menjadi bahan  evaluasi peningkatan olahraga di daerah.

Turnamen ini juga menjadi bukti jika Bombana bisa menghelat acara berskala regional. “Kalau ada pertandingan level Provinsi, sebagai Pj Bupati Bombana saat ini, saya siap jika ditunjuk menjadi tuan rumah. Tunjukan bahwa Bombana siap sebagai tuan rumah disetiap kejuaraan. Insya Allah kita akan berbuat semaksimal mungkin,” ungkap Edy. (ADV)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU