WHO Desak China Terbuka dengan Penyelidikan Covid-19

295
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

JENEWA, LENTERASULTRA.COM – Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mendesak Pemerintah China untuk bersikap terbuka dengan penyelidikan asal usul Covid-19 di laboratorium Wuhan. Desakan itu disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom.

Sebelumnya, Tedros menyebutkan kebocoran laboratorium di Wuhan sangat tidak mungkin. Namun kini, WHO mengatakan hipotesis tersebut terlalu dini untuk dikesampingkan. Tedros pun meminta China memperlihatkan situasi laboratorium pada masa sebelum dan diawal pandemi Covid-19.

“Kami meminta pemerintah China untuk lebih terbuka dan kooperatif, terutama dalam memberikan informasi dan data mentah yang kami minta sejak awal pandemi,” ujar Tedros pada Jumat (16/7/2021) dikutip dari asiatoday.id.

Tedros mendesak China memberikan informasi jelas terkait laboratorium di Wuhan. Sebagai seorang profesional medis dia memahami dan mengetahui kecelakaan dapat terjadi.

“Saya adalah teknisi laboratorium, saya seorang praktisi imunologi dan saya bekerja di laboratorium. Dan kecelakaan laboratorium itu kerap terjadi. Itu hal yang lumrah,” ujar Tedros.

WHO akan menggandeng 194 negara anggota untuk melakukan penyelidikan tahap kedua. Penyelidikan pertama telah dilakukan pada bulan Februari dan hasilnya belum diumumkan. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU