Empat Petarung Amankan Tiket Pilwali Baubau

1,451
Empat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Baubau kini sedang meretas jalan untuk bisa menjadi penguasa di gedung megah ini, kantor Walikota Baubau
Empat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Baubau kini sedang meretas jalan untuk bisa menjadi penguasa di gedung megah ini, kantor Walikota Baubau

LENTERASULTRA.com-Persaingan memperebutkan kursi Wali Kota Baubau periode 2018-2023 dipastikan bakal sengit. Tak seperti daerah “asalnya”, Kabupaten Buton yang hanya menyisakan pasangan petahana sebagai calon tunggal, di Baubau ada empat pasangan yang hampir pasti namanya sampai ke KPU.

Mereka adalah pasangan AS Thamrin-La Ode Monianse, Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail, Yusran Fahim-Ahmad Arfa dan terakhir Roslina Rahim-La Ode Yasin Mazadu. Sampai saat ini, tak ada tanda-tanda bakal ada kandidat lain lagi, termasuk jalur perseorangan.

Di DPRD Kota Baubau ada 25 kursi. Itu artinya, pasangan calon minimal harus didukung 5 kursi. Uniknya, tiga kandidat lain diluar petahana sukses menggengam tiket, masing-masing dari dua partai berbeda yang punya jumlah kursi persis 5, atau memenuhi syarat minimal.

Saat ini tinggal PKS, dengan modal 1 kursi di DPRD yang belum terlihat afiliasinya. Sedangkan partai lain, sudah menunjukan kecenderungan bahkan telah mengeluarkan rekomendasi termasuk Surat Keputusan. “Kami tengah intens mengajak PKS bergabung,” kata Sekretaris PPP Sultra, Ikhsan Rivani.

Di Baubau, PPP yang punya dua kursi sudah resmi mengusung pasangan Yusran Fahim-Ahmad Arfa. Selain PPP, ada Partai Demokrat dengan modal 3 kursi yang menggenapkannya. Sekjend DPP Demokrat, Hinca Panjaitan sudah menyerahkan rekomendasi partainya, sepekan lalu.    “Insya Allah, jalan kemenangan terbuka,” imbuh Ikhsan.

Rivalitas Pilwali Baubau memang bakal sangat sengit. Para kontestannya berlatar belakang mentereng dalam urusan politik. AS Tamrin misalnya, ia adalah Walikota Baubau petahana, yang diusung PAN, PDIP, Golkar dan Nasdem. Totalnya ada 9 kursi.

Lawan-lawannya tak kalah tersohor. Masra Manarfa misalnya, ia saat ini adalah Wakil Walikota. Ia juga dikenal sebagai pewaris kerabat kesultanan Buton, yang tentu secara tradisional punya pengikut. Partai asalnya, PBB juga mendulang suara yang sangat besar saat Pemilu lalu yakni 10 ribuan.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Sedangan Yusran Fahim tidak boleh diremehkan. Didukung penuh Amirul Tamim, mantan Walikota Baubau dua periode yang sangat dicintai rakyat kota itu, adalah modal elektoral yang tak bisa diremehkan. Hanya memang, Yusran tetaplah tak sama dengan Amirul.

“Siapa orang Baubau yang tak kenal Pak Amirul. Dia memberi banyak kesan dan sukses selama jadi walikota. Kerinduan rakyat akan kepemimpinan beliau itu, yang kami tawarkan. Dan kami percaya, H Yusran bisa memimpin Baubau layaknya Amirul,” kata Sekretaris PPP Sultra, Ikhsan Rivani.

Yang tak kalah mentereng adalah sosok Roslina Rahim. Ia saat ini tercatat sebagai Ketua DPRD Baubau dari PAN. Hanya saja, karena partainya sudah mengusung orang lain, ia memilih menumpang perahu PKB dan Hanura. Harap dicatat, Roslina adalah peraih suara terbanyak saat Pilcaleg di Baubau.

Kekuatan penopangnya adalah nama besar sang kakak, Umar Samiun, Bupati Buton non aktif. Meski saat ini sedang ditahan, tapi pengaruh mantan Ketua PAN Sultra itu di Baubau masih bisa diperhitungkan. Bukan tidak mungkin, strategi kemenangan sang kakak dua kali di Buton, menjalar ke Baubau.

Siang tadi, kepastian majunya Roslina Rahim-Yasin Mazidu akhirnya terungkap. Dua partai politik. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hanura resmi memberikan dukungan kepada pasangan dengan akronim Rossy untuk bertarung di Pilwali Kota Baubau periode 2018-2023.

Bertempat di sebuah lounge di Baubau, dua partai pendukung pasangan ini menggelar konferensi pers untuk menindaklanjuti perintah dari DPP masing-masing partai untuk mempublikasikan dukungan kepada Rossy sekaligus penyerahan SK yang ditandatangani langsung oleh Ketua dan Sekjen masing-masing partai.

“Menindaklanjuti SK DPP PKB tertanggal 23 Oktober 2017 tentang penetapan pasangan calon, DPP PKB memberikan dukungan kepada pasangan Roslina Rahim – La Ode Yasin Mazadu sebagai calon walikota dan wakil walikota Baubau,” kata Ketua DPC PKB Baubau, Feto Daud disambut teriakan para simpatisan Rossy yang ikut hadir.

Sedangkan, Ketua DPC Hanura Kota Baubau, Yuman Nahmuddin yang diwakili Fajar Ishak selaku Sekretaris DPC Hanura Kota Baubau mengaku terharu dengan dukungan partainya terhadap pasangan Rossy. Pasalnya, sejak awal ia menilai pasangan inilah yang akan mampu membawa Kota Baubau menuju kearah yang lebih baik lagi.

Pria yang juga pernah berprofesi sebagai jurnalis ini mengatakan, yang dikantongi oleh pasangan Rossy ini bukan hanya sekedar rekomendasi tetapi langsung diserahkan SK dan telah ditandatangani oleh Ketum dan Sekjen Hanura.(abi/hrm)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU