Komisioner HAM PBB: Invasi Israel di Gaza Terindikasi Kejahatan Perang

177
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

 

JENEWA, LENTERASULTRA.COM – Komisioner Tinggi untuk Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Michelle Bachelet mengatakan, invasi militer Israel di Gaza terindikasi sebagai kejahatan perang, namun kelompok Hamas juga telah melanggar hukum humaniter internasional dengan menembakkan roket ke Israel.

Ia menyampaikan hal tersebut saat berpidato di sesi khusus Dewan Hak Asasi Manusia PBB, yang diadakan atas permintaan negara-negara Muslim yang telah meminta forum tersebut untuk membentuk komisi penyelidikan untuk menyelidiki kemungkinan kejahatan dan menetapkan tanggung jawab komando.

Konflik meletus setelah Hamas menuntut pasukan Israel meninggalkan kompleks Al-Aqsa di Yerusalem Timur dan kemudian meluncurkan roket ke arah Israel. Serangan roket tanpa pandang bulu merupakan pelanggaran jelas terhadap hukum humaniter internasional, kata Bachelet. Sedangkan Israel menanggapi dengan serangan udara intensif di Gaza, termasuk penembakan, rudal, dan serangan dari laut, menyebabkan kerusakan infrastruktur sipil dan kematian yang meluas, katanya.

“Terlepas dari klaim Israel bahwa banyak dari bangunan ini menjadi tempat kelompok bersenjata atau digunakan untuk tujuan militer, kami belum melihat bukti dalam hal ini,” kata Bachelet, Kamis.

“Jika ditemukan (serangan yang) tidak pandang bulu dan tidak proporsional, serangan semacam itu mungkin merupakan kejahatan perang,” kata Bachelet dalam forum yang beranggotakan 47 orang itu.

Dia juga mendesak Hamas untuk tidak menembakkan roket sembarangan ke Israel. Bachelet mengatakan, kantornya telah memverifikasi kematian 270 warga Palestina termasuk 68 anak-anak di Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur, selama kekerasan bulan ini. Sebagian besar tewas di Gaza yang dikuasai Hamas, tempat Israel melakukan pemboman melalui serangan udara selama 11 hari dan berakhir dengan gencatan senjata.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang ingin menyelidiki konflik Gaza. Seperti dilaporkan RT, Kamis (27/5/2021), Netanyahu menganggap Dewan HAM PBB telah terang-terangan terobsesi anti-Israel.

“Keputusan Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk meluncurkan penyelidikan terbuka atas dugaan pelanggaran Israel di wilayah Palestina mengejek hukum internasional dan mendorong teroris di seluruh dunia,” kata Netanyahu dikutip dari asiatoday.id.

Draf resolusi yang menyerukan penyelidikan konflik 11 hari Israel baru-baru ini dengan kelompok militan Hamas yang berbasis di Gaza dan peristiwa sebelumnya disahkan di Dewan pada hari Kamis dengan 24 hingga 9 suara, dengan 14 abstain. Dalam serangkaian cuitan Twitter, Netanyahu menyatakan bahwa keputusan “memalukan” badan PBB itu adalah contoh lain dari obsesi anti-Israel yang terang-terangan.

“Sekali lagi, mayoritas otomatis yang tidak bermoral di Dewan menutupi organisasi teroris genosida yang dengan sengaja menargetkan warga sipil Israel, sambil mengubah warga sipil Gaza menjadi perisai manusia,” tulisnya, mengacu pada Hamas.

Menurut Netanyahu, Israel bertindak secara sah untuk melindungi warganya selama konflik. Penyelidikan atas tindakan Israel merupakan ejekan terhadap hukum internasional dan mendorong teroris di seluruh dunia.

Kementerian Luar Negeri Israel juga menolak resolusi tersebut dan menunjukkan bahwa negara Yahudi tidak dapat dan tidak akan bekerja sama dalam penyelidikan semacam itu.

Ketegangan antara Israel dan Palestina mulai meningkat pada bulan April atas rencana untuk mengusir keluarga Arab di Yerusalem Timur dan dugaan agresi polisi Israel di Masjid Al-Aqsa.

Konflik memuncak dalam pertukaran serangan antara Hamas dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF), yang berlanjut dari 6 hingga 21 Mei. Pertempuran itu mengakibatkan 248 orang, termasuk 66 anak-anak, tewas di Gaza dan 12 korban jiwa di pihak Israel, dengan dua dari mereka menjadi anak-anak. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU