Kapal Terbalik, Puluhan Pekerja Migran Tewas di Laut Tunisia

202
Foto: Ist.

TUNIS, LENTERASULTRA.COM – Puluhan pekerja migran tewas tenggelam di lepas pantai Tunisia setelah dua kapal yang mereka tumpangi terbalik dihantam cuaca buruk.

Pada Selasa (9/3/2021), penjaga pantai berhasil menyelamatkan 165 orang sebelum penyelamatan dibatalkan karena cuaca buruk dan malam hari.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (9/3), Kementerian Pertahanan Tunisia menyatakan jumlah migran yang mempertaruhkan nyawa di jalur penyeberangan berbahaya ke Eropa terus meningkat.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Juru bicara kementerian pertahanan Mohamed Zekri mengatakan kemudian bahwa pencarian telah “sementara ditangguhkan karena malam tiba dan cuaca buruk,” ungkapnya seperti dikutip dari asiatoday.id.

Tidak segera jelas apa yang menyebabkan kedua kapal itu terbalik. Tetapi kapal yang meninggalkan pantai Afrika utara menuju Eropa seringkali kelebihan muatan kapal. Di sisi lain, kapal juga berangkat pada malam hari bahkan dalam cuaca buruk untuk menghindari deteksi dari penjaga pantai.

Kementerian pertahanan mengatakan 39 mayat telah ditemukan, sementara juru bicara Pengawal Nasional Tunisia Houcem Eddine Jebabli mengatakan sedikitnya 9 wanita dan empat anak telah tewas.
Kapal-kapal meninggalkan pantai semalaman membawa sebagian besar migran dari sub-Sahara Afrika yang bertujuan untuk mencapai Eropa, tetapi mereka ditemukan oleh penjaga pantai di pelabuhan Sfax Tunisia, menurut pihak berwenang. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU