Indonesia Gagas Pembentukan Bank Emas

452
Foto: Ist.

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Indonesia mulai menggagas pembentukan bullion bank atau bank emas. Bank ini bertujuan untuk mengelola komoditas emas, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara pemain besar emas dunia.

“Salah satu yang sedang dikaji oleh pemerintah adalah pembentukkan  bullion bank,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3/2021).

Seperti dikutip dari asiatoday.id, Airlangga mengatakan, emas merupakan komoditas yang harganya terus mengalami peningkatan. Di sisi lain impor dari komoditas ini juga sangat tinggi.

“Komoditas emas mencatat peningkatan walau di lain pihak emas juga impornya salah satu yang tinggi. Ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang perlu didalami terkait ekspor impor emas ini, karena kita memiliki pertambangan yang besar,” imbuhnya.

Dalam paparan Airlangga dijelaskan bahwa, kinerja ekspor emas dan granule meningkat hingga US$ 5.280 juta, bahkan ia optimis bahwa pembentukan bullion bank dapat memberikan banyak manfaat yakni menghemat devisa bagi pemerintah, dan sebagai sumber pembiayaan bagi industri.

“Selain itu bullion bank juga akan menjadi diversifikasi produk bagi bank dan masyarakat akan mendapatkan  return dari simpanannya,” jelas Ketua Umum Partai Golkar ini.

Airlangga menerangkan, tambang Grasberg di Papua merupakan tambang emas terbesar di dunia, dengan cadangan emasnya mencapai 30,2 juta ounces, setelah South Deep Gold Mine di Afrika Selatan. Selain itu emas yang dihasilkan dari Grasberg merupakan produk ikutan dari tambang.

Selain itu dalam catatannya, Indonesia merupakan negara produsen emas terbesar ketujuh di dunia dengan produksi 2020 mencapai 130 ton per tahun atau 4,59 juta ounce. Tetapi PT Aneka Tambang Tbk, yang merupakan produsen asal Indonesia, hanya tergolong sebagai junior gold miner company dengan produksi di tahun 2020 sebesar 1,7 ton.

Bahkan konsumsi emas Indonesia cenderung masih rendah dengan rincian untuk retail investment 172.800 ounces dan perhiasan 137.600 ounces.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi mengatakan akan meneruskan kajian mengenai pembentukan bullion bank  dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

“Arahan dari Menko Airlangga jadi catatan penting kami. Hitungam kita, ada beberapa hal penting untuk bisa kami laksanakan terutama bagaimana menciptakan bullion bank, agar kegiatan dan kemampuan Indonesia untuk kontrol pasar emasnya bisa jalan dengan baik,” tandasnya. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU