Hindari Klaster Baru Covid-19, SMKN 1 Kendari Gunakan Aplikasi LMS Belajar Virtual

593
Peninjauan KBM secara virtual di SMKN 1 Kendari. Foto: Ilma.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Tak ingin mengambil risiko adanya klaster baru penyebaran Covid-19 di Kota Kendari, SMKN 1 Kendari memilih menggunakan aplikasi Learning Management System (LMS) untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar. Hal ini disampaikan oleh Kepala SMKN 1 Kendari, Drs. Ali Koua saat dikonfirmasi pada Selasa (12/01/2021).

Ia mengatakan, selama pandemi Covid-19 melanda pembelajaran virtual di sekolah binaannya terlaksana dengan baik. Pembelajaran virtual dengan video conference memanfaatkan aplikasi zoom, google meet dan youtube. Guru membuat media pembelajarn dan diupload ke youtube untuk dipelajari siswa.

“KBM virtual melalui LMS dilakukan dengan menggunakan google classroom. Guru menggunakan palatform ini dalam pemberian materi pembelajaran serta penugasan kepada siswa,” ujarnya.

Selain itu, guru menggunakan whatshap dengan membuat group kelas serta memberikan materi baik dengan modul, chat maupun dengan voice note. Pengumpulan tugas dilakukan melalui attach file pada WA.

“Pembelajaran virtual melalui e-mail dikhususkan untuk pengumpulan tugas ke guru,” kata Kepala SMKN 1 Kendari itu.

Ketua Osis SMKN 1 Kendari, Arjun menuturkan, pihaknya mendapat bantuan kuota internet untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran.

“Kendalanya itu hanya terbatasnya komunikasi dengan guru,” ucapnya.

Untuk diketahui, pembelajaran virtual di sekolah itu mendapatkan kunjungan dari mahasiswa Doktoral Program S3 Pendidikan Vokasi Keteknikan Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Senin (11/01/2021). Tim observer terdiri dari La Resi, Luther Pagiling dan Muh. Nadzirin Anshari Nur dan diterima langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Kendari, Drs. Ali Koua. (B)

Reporter: Ilma

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU