Pegawai dan Staf Rujab Bupati Bombana Jalani Test Swab Massal

653
Kadis Kesehatan Bombana, dr Sunandar, MM.Kes

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana terus melakukan upaya memutus tali persebaran virus Corona atau Covid-19. Selain melakukan contact tracking, instansi ini rutin melakukan test swab massal. Setelah petugas medis dan tenaga kesehatan serta personil Polisi di Polres Bombana, yang sudah menjalani test massal, kini giliran pegawai dan staf di rumah jabatan Bupati Bombana yang melaksanakan swab rest PCR (Polymerase Chain Reaction).

Test swab di rumah dinas Bupati Bombana, Haji Tafdil ini, digelar Rabu (9/12/2020). Sebanyak 31 pegawai dan staf diambil lendir dari saluran pernapasan dengan cara mengusap tenggorokan melalui mulut dan hidung.
“Semua yang tinggal di rujab diswab test,” kata dr Sunandar, Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Senin (15/12/2020).  Mulai dari personil polisi pamong praja yang bertugas melakukan pengamanan di rumah jabatan (rujab), pegawai hingga staf yang bekerja dan beraktifitas sehari-hari di tempat tinggal Bupati Bombana.

Mantan Direktur RSUD Kabupaten Bombana ini menambahkan, test swab massal di rujab Bupati dilakukan setelah adanya temuan salah satu pegawai yang positif Covid-19. “Ada staf yang rapidnya reaktif saat masuk di rumah sakit Bombana untuk melahirkan. Setelah dirujuk di Kendari dan ditindaki, ternyata hasil swabnya positif. Suaminya juga diswab positif. Karena sering di rujab, sehingga dilakukan swab massal,” sambungnya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Sunandar mengaku, swab massal dilakukan untuk melakukan testing, tracing, dan treatment serta merupakan upaya Pemkab Bombana dalam menekan penyebaran Covid-19. Jika nantinya ditemukan ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka selanjutnya akan dilakukan langkah-langkah sesuai prosedur kesehatan yang berlaku.

Dengan masih terus ditemukannya kasus Covid-19 di Bombana, menjadi bukti jika pandemi ini belum berakhir. Sunandar kembali mengingatkan kepada seluruh warga Bombana untuk tidak lengah. Dia juga meminta penduduk di otorita Haji Tafdil itu, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3 M dalam beraktifitas sehari-hari di luar rumah. Mulai dari selalu memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. “Ingat pesan ibu, 3M menjadi obat paling ampuh saat ini untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Sunandar. (Ads/Adhi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU