Puluhan Warga di Buton Keracunan Usai Santap Makanan Pesta Pernikahan

773
Puluhan warga dari Desa Galanti yang mendapat perawatan medis karena mengalami gejala keracunan makanan usai mengkonsumsi sajian makanan di pesta pernikahan. Foto: Ist.

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Puluhan warga di Desa Galanti, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, dikabarkan mengalami gejala keracunan usai menyantap sajian makanan di pesta pernikahan. Beberapa warga tersebut kini masih menjalani perawatan di Puskesmas dan rumah sakit.

Kasat Reskrim Polres Buton, AKP Dedi Hartoyo, menuturkan, puluhan warga semula mengeluh rasa mual, muntah, dan rasa keram di perut. Mereka kemudian diperiksa kesehatannya di Puskesmas Wolowa pada Senin (30/11/2020).

“Para warga mengeluh mual dan diare pada Senin pagi tadi waktu resepsinya, tapi dihari sebelum mereka sudah hadiri pesta baca-baca Minggu malam,” jelasnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (30/11/2020).

Dedi mengungkapkan, sebanyak 33 orang yang mendapat penanganan di Puskesmas Wolowa, beberapa warga itu dari Desa Galanti dan Kaumbu. Mayorits dari mereka ada yang berusia dewasa namun ada pula remaja.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Dari 33 orang tersebut 4 orang yang sementara dalam perawatan sedangkan 29 orang sudah pulang ke rumah dan diberi obat,” lanjut Mantan Kapolsek Ranomeeto itu.

Selain itu, kata Dedi, sebanyak 20 warga juga mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Laburunci.

Saat ini pihaknya, masih mengumpulkan keterangan saksi termasuk pihak penyelenggara resepsi pernikahan itu. Bahkan mengambil sample makanan yang disajikan saat pesta yang berlangsung selama dua hari itu.

“Kalau makanan yang disajikan bukan dari catering, tapi dibuat sendiri. Sekarang sampel makanan kita akan kirim ke BPOM untuk diperiksa,” pungkasnya. (B)

Reporter: Laode Ari

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU