Dampak Covid-19, Pemesanan Batu Alam Menurun Drastis

895
Salah satu jenis batu alam asal Maligano. Foto: Istimewa.

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Pandemi Covid-19 bukan hanya sekedar bencana kesehatan, namun telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UKM di Indonesia banyak mengalami penurunan omset. Salah satunya pengusaha batu alam yang berlokasi di Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Pengusaha batu alam, Al Aliyu mengatakan, jenis batu alam yang dipasarkan yaitu jasper dendrite/sakura maligano, jasper nemo, magnesite/pirus sulawesi dan marcasite/badar perak. Batu alam ini dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan aksesoris cincin atau kalung. Namun di masa pandemi ini pemesanan dari luar Sulawesi mengalami penurunan secara drastis.

“Selama pandemi Covid-19 ini pesanan hanya berkisar satu sampai tiga ton per bulan, padahal sebelumnya mencapai 15 ton perbulan,” ucap Al Aliyu.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Hal ini sebabkan pembatasan lalu lintas ekspor barang ke luar negeri oleh pemerintah pada setiap perusahaan besar, termasuk perusahaan yang bergerak dalam bisnis diversifikasi batu alam. Sehingga berdampak juga pada pengusaha kecil, yang bergantung pada pesanan bahan baku dari perusahaan tersebut.

“Hal tersebut juga berdampak pada pengurangan tenaga kerja yang sebelumnya saya mempekerjakan 30 orang sekarang tinggal 15 orang saja. Sebenarnya pengumpulan batu alam ini sudah menjadi salah satu mata pencarian masyarakat setempat, walaupun pekerjaanya dengan alat terbatas. Seandainya saja kami punya alat yang lengkap untuk membuat aksesoris ataupun keramik dan kerajinan lainnya dengan bahan dasar batu, pasti kami tidak akan bergantung pada perusahaan besar,” keluhnya.

Ia pun berharap pada pemerintah untuk memperhatikan usaha seperti ini dengan memberikan bantuan berupa alat penunjang untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setenga jadi atau bahan jadi sehingga bernilai ekonomi tinggi serta dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat. (Ads/Iksan Maligano)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU