PSU Hingga Pleno Tingkat Kecamatan di Kendari Tidak Ada Indikasi Pelanggaran

270

 

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin. Foto: Nanan.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 9 TPS di Kota Kendari berlangsung aman tanpa menemui kendala di lapangan. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kendari, Sahinuddin.

“PSU di 9 TPS sudah selesai, dan sejauh ini tidak ada laporan pelanggaran dari masyarakat dan juga masing-masing TPS,” katanya saat di temui di ruang kerjanya, Senin (29/4/2019).

Terkait adanya pemilih yang masuk dalam DPT, namun KTP-nya domisili luar daerah, pihaknya sudah menghindarinya dengan mengeluarkah mereka dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebelum penyelenggaraan PSU digelar.

Selain itu juga, soal penyaluran formulir C6 atau surat pemberitahuan untuk memilih yang dibagikan kepada warga itu juga diperketat.

“Kami perketat pendistribusiaanya dan dikawal langsung oleh pengawas kami di lapangan,” katanya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Hal ini dilakukan, agar PSU tidak menemui kendala.

“Pokoknya petugas kami di lapangan kita sudah wanti-wanti jangan ada pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan coblos ulang,” cetusnya.

Kemudian, pada hari H pelaksanaan PSU, Bawaslu turun memantau di setiap TPS. Meskipun ada di lapangan, mereka menemui ada warga yang ngotot memaksakan memilih, karena tidak memenuhi syarat untuk menyalurkan suaranya. Tapi setelah diberikan pemahaman, akhirnya yang bersangkutan paham.

Kata dia, berdasarkan hasil evaluasi di lapangan tidak ada pelanggaran. Baik itu laporan dari masyarakat atau pengawas.

Terlebih saat penyelenggaraan PSU serentak kemarin itu, mantan Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari ini mengatakan, kondisi para petugas dalam keadaan sehat. Pihaknya sejauh ini tidak mendapatkan adanya laporan petugasnya yang sakit akibat kelelahan.

“Petugas kami alhamdulilah tidak ada yang berguguran karena sakit dan lainnya. Semuanya dalam kondisi sehat,” pungkasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU