Kini Tersedia Layanan Aduan Online Warga

715

 

Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar memberikan sambutan terkait aplikasi Lapor, Selasa (9/4/2018). Foto: Nanan.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat, kini bisa dilakukan melalui aplikasi Layanan Asrpirasi Pengaduan Online Rakyat atau Lapor. Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh Pemerintah Kota Kendari, Selasa pagi (9/4/2019) di salah satu hotel di Kendari.

Lapor resmi dilaunching oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar. Kegaitan ini dihadiri oleh Mentor B-Trust, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sultra, OPD serta Muspida.

Melalui aplikasi ini, warga bisa mengadukan atau melaporkan berbagai masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Terutama terkait kinerja maupun pelayanan Pemerintah Kota Kendari dan seluruh OPD Lingkup Pemerintah Kota Kendari.

“Jadi kalau ada warga yang ingin mengadukan terkait pelayanan di setiap instansi silahkan adukan lewat Lapor saja. Aduan yang masuk langsung direspon,” kata Nahwa Umar saat ditemui usai melauncing Lapor.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Aplikasi Lapor menjanin hak masyarakat agar pengaduan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya. Dengan aplikasi Lapor, diharapkan pengaduan masyarakat bisa diselesaikan secara mudah, tuntas dan terpadu, serta memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Pengelolaan pengaduan melalui SP4N Lapor ini merupakan program kerjasama antara Kemenpan-RB, Kantor Staf Kepresidenan, Ombudsman serta B-Trust dan USAID.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari, Nur Rasak menilai, layanan Lapor sangat bagus. Semua masyarakat di mana saja dan kapanpun bisa langsung mengaksesnya.

Aplikasi ini, juga sesuai dengan visi misi Wali Kota Kendari terpilih, yaitu mewujudkan Kendari sebagai kota layak huni berbasis teknologi dan informasi.

“Perlahan-lahan perwajahan pelayanan yang ada serba digital, jadi orang bisa saja dengan mulai dari tempat dimana saja bisa diakses. Apa yang ingin disampaikan ke pemerintah dan termasuk pemerintah juga menyampaikan kepada masyarakat, apa yang dilakukan,” kata Nahwa Umar.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU