Alfamidi Gulirkan Program CSR dan Peduli Masyarakat

Salah satu bentuk kepedulian Alfamidi di lingkungan usahanya adalah melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di sekitar pusat bisnis. FOTO :IST

 

RUMBIA, LENTERASULTRA.COM-PT Midi Utama Indonesia Tbk yang menaungi bisnis retail Alfamidi Cabang Kendari sekali lagi membuktikan diri tidak saja fokus ke core bisnis utamanya, tapi juga peduli terhadap perkembangan kualitas sumber daya manusia. Belum lama ini, perusahaan itu menggelar program bernama Alfamidi Class dan Teaching Factory di SMKN 1 Konawe. Ini adalah bentuk kepedulian Alfamidi guna mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja dengan keterampilan, kompetensi dan keahlian di industri ritel.

Program ini adalah salah salah satu kegiatan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamidi yang memang digulirkan di seluruh kabupaten dan kota di Sultra, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan, sosial, dan masyarakat. “Kami berharap, semua program CSR kami bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Robert Hary Andika, Branch Manager Alfamidi Cabang Kendari.

Robert menegaskan, Alfamidi hadir sebagai perusahaan retail yang tidak hanya fokus kepada bisnis, tetapi juga memberi kemanfaatan terhadap lingkungan, pendidikan, serta masyarakat khususnya di Sulawesi Tenggara. Kali ini, CSR Alfamidi diturunkan dalam bentuk Alfamidi Class dan Teaching Factory di SMKN 1 Konawe guna menyiapkan siswa memasuki dunia kerja dengan keterampilan, kompetensi dan keahlian di industri ritel.

Pada program ini, Alfamidi menghibahkan Teaching Factory atau laboratorium ritel yang dirancang menyerupai toko Alfamidi sebagai ruang praktik siswa. Setelah lulus, siswa dapat kesempatan istimewa diterima bekerja di Alfamidi. “Mudah-mudahan siswa di SMKN Konawe bisa memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat nantinya,” tukas Robert.

Selain menggelontorkan CSR di Konawe, Alfamidi juga juga konsisten menyalurkan program penanganan stunting berkelanjutan di Kabupaten Bombana. Sejak Maret-September 2024, puluhan anak menerima program tersebut. Beberapa anak sudah dinyatakan lulus stunting berkat penyaluran protein berupa 60 butir telur per bulan yang disalurkan selama 6 bulan.

“Penyaluran telur dalam penanganan stunting karena telur mengandung nutrisi penting seperti protein, mineral, zat besi, folat dan kolin untuk mendukung tumbuh kembang anak. Tumbuh kembang anak yang sehat menjadi modal penting mencetak generasi emas Indonesia di masa depan,” ungkap Robert.

Mendukung kesehatan masyarakat, Alfamidi juga telah menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis berupa pengecekan gula darah, asam urat, kolesterol dan tekanan darah bagi ratusan masyarakat di sekitar toko. Pemeriksaan ini harapannya bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Alfamidi Peduli juga diwujudkan dalam bentuk penanaman pohon mangrove yang belum lama ini dilakukan di hutan Mangrove Kota Kendari. FOTO :IST

 

Di sektor lingkungan, dalam rangkaian semarak ulang tahun ke-17 Alfamidi, ribuan pohon mangrove ditanam di Kendari. Mangrove memiliki beragam manfaat bagi lingkungan seperti mencegah erosi dan abrasi pantai, tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa dan pelindung kawasan pesisir.

Mendorong literasi sejak dini, Alfamidi menyalurkan ribuan buku bacaan bagi anak-anak TK dalam program Satu Buku Sejuta Ilmu di 11 cabang seluruh Indonesia, termasuk Kendari. Sedangkan di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Alfamidi berkolaborasi dengan dinas terkait di Kabupaten Kolaka Timur melakukan sosialisasi dan kurasi produk UMKM. Saat ini, sejumlah UMKM sudah menjual produknya di gerai Alfamidi.

Kemitraan strategis Alfamidi dan UMKM ini membuktikan dukungan kuat Alfamidi terhadap produk-produk lokal sehingga mampu meningkatkan dan memperluas pemasarannya. Kualitas dan inovasi produk juga Alfamidi dorong bagi UMKM sehingga memperkuat daya saingnya.

Saat banjir melanda Kelurahan Sanua dan Bende, Kota Kendari beberapa waktu lalu, Alfamidi mewujudkan kepedulian sosial dan memberikan bantuan bagi korban bencana tersebut. Guna memperkuat penanganan sampah, telah pula disalurkan bantuan motor pengangkut sampah kepada dinas terkait.

Robert juga menegaskan, komitmen perusahaan terhadap kepedulian sosial merupakan hal penting agar tercipta sinergi yang positif dengan masyarakat. “Kami ingin berperan dan lebih dekat dengan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan CSR yang semoga dampak manfaatnya bisa langsung dirasakan,” ungkapnya.(adv)