1600 Orang Diundang di Pelantikan DPRD Bombana

Kalvarios Syamruth, Sekretaris DPRD Bombana. Ia menjelaskan terkait rencana pelantikan DPRD Bombana periode 2024-2029, dimana salah satunya mengundang 1600 orang. FOTO :IST

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Aula Tanduale di Kantor Bupati Bombana, termasuk tentu saja di sekitar areal tersebut bakal sangat ramai dan padat, Selasa (1/10/2024) besok. Setidaknya, akan ada 1600 orang yang hadir menyaksikan acara pelantikan anggota DPRD Bombana periode 2024-2029. Jumlah sebanyak itu, sesuai banyaknya undangan yang disebar pihak Sekretariat DPRD Bombana ke sejumlah pihak terkait.

“1600 undangan itu sudah kami sebar ke beberapa pihak dan lapisan masyarakat. ada yang berasal dari forum komunikasi pimpinan daerah, pejabat eselon dua dan tiga, tokoh agama, tokoh masyarakat, mantan bupati, pimpinan organisasi kepemudaan, ketua partai politik hingga kalangan masyarakat lainnya,” urai Kalvarios Syamruth, Sekretaris DPRD Bombana kepada lenterasultra.com, Senin (30/9/2024)

Ia menambahkan, khusus anggota DPRD terpilih, tiap orangnya diberi keistimewaan yakni mendapatkan 40 lembar undangan tiap orang. Nantinya, undangan itu bisa diberikan kepada keluarga, orang terdekat atau siapapun yang dianggap layak untuk diberikan. “Itu haknya yang dilantik. Mau dikasih siapa, mungkin orang tua, saudaranya atau kawan. Terserah saja, tapi nanti ada kategorinya, yang masuk sampai ruang pelantikan atau hanya menyaksikan dari layar saja,” tambah Kalvarios.

Pejabat ini menjelaskan, pihaknya tetap membatasi jumlah undangan yang akan diperbolehkan masuk kedalam auditorium Tanduale, kantor bupati Bombana. Yang diizinkan masuk hanya anggota DPRD terpilih bersama istri atau suami, orang tua hingga keluarga terdekat.

Mantan Inspektur Inspektorat ini mengatakan, undangan yang diperbolehkan masuk ke dalam aula pelantikan hanya mereka yang memegang undangan VIP dan undangan A. Sementara pemegang undangan B, tidak diizinkan masuk ke dalam ruang pelantikan. “Ada 4 kategori undangan.
VVIP untuk Forkopimda dan tamu provinsi, VIP untuk mantan bupati, mantan ketua DPRD, eselon II, para sekwan se-Sultra dan lainnya. Kategori A untuk camat, kabag, eselon III lainnya, kades/lurah dan 10 orang keluarga dekat anggota DPRD terpilih dan B dikhusukan yang berada diluar ruangan gedung tanduale,” katanya.

Meski tidak diizinkan masuk kedalam ruang pelantikan, pemegang undangan B, dipastikan akan turut menyaksikan pelantikan dan pengambilan sumpah 25 anggota DPRD Bombana terpilih. Sekretariat DPRD sebagai panitia pelaksana menyiapkan videotron outdoor ukuran 5 x 2 meter yang ditempatkan di luar gedung pelantikan. Selain itu, juga disiapkan ratusan kursi dan 15 lokal tenda yang representatif.

Mantan Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Bombana ini bilang, hingga Senin sore, persiapan pelantikan dipastikan sudah 99 persen siap. Bahkan, Senin sore ini juga akan dilakukan gladi pelantikan 25 anggota DPRD Bombana terpilih periode 2024-2029.(*)

 

Penulis : Adhi