Alumni SMA 2 Raha Didapuk Jadi Kapolres Konsel

AKBP Ferby Sam, alumni SMP Katobu Muna dan juga alumni SMA 2 Raha, kini jadi Kapolres Konawe Selata setelah melewati perjalanan panjang kariernya di berbargai satuan di internal kepolisian. FOTO :IST

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Kabupaten Muna cukup banyak melahirkan orang-orang berprestasi, termasuk mereka yang berkarir di dunia militer dan kepolisian. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang menduduki jabatan mentereng di tempat tugasnya. Selain Letnan Kolonel (Letkol) TNI DR La Ode Muhammad Nurdin juga ada nama Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Febry Sam.

Meski sama-sama dari Kabupaten Muna, keduanya sukses berkarir di TNI dan Polri. Jabatan kedua putra Bumi Sowite ini tidak main-main. Jika La Ode Nurdin kini menjabat Komandan Brigade Infanteri Raider 9/2 (Danbrigif) Dharaka Yudha, Divisi Infanteri Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad), maka AKBP Febry Sam baru saja mendapatkan amanah memimpin Polres Konawe Selatan (Konsel), Polda Sulawesi Tenggara. Karir Febry Sam di Kepolisian sepertinya mengikuti jejak ayahnya, AKBP Purnawirawan Ramsi, salah satu Pamen yang pernah bertugas di Polda Sultra.

Jabatan Kapolres Konsel ini mulai diamanahkan kepada Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Raha ini sejak 25 Juni 2024 lalu, sesuai Surat Telegram (ST) Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Bahkan seiring dengan pelantikannya di Polda Sultra, Senin, 8 Juli 2024, AKBP Febri Sam resmi memegang tongkat komando sebagai Kapolres Konsel. Dia menggantikan seniornya AKBP Wisnu yang dilantik sebagai Kepala Bagian Pembinaan dan Karir Biro Sumber Daya Manusia atau Kabagbinkar Ro SDM Polda Sulawesi Tenggara.

AKBP Febry Syam merupakan Abiturien Akademi Kepolisian (Akpol) 2005. Alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Katobu, Muna 1998 merupakan rekan seangkatan Kapolres Muna AKBP Indra Sandy Purnama. Jabatan Kapolres di tanah kelahirannya itu, merupakan jabatan kesatuan wilayah (Kasatwil) pertama bagi Alumni SMAN 2 Raha tahun 2001 ini, sejak berkarir di Kepolisian sejak tahun 2005 lalu. Jabatan Kapolres diraih selama kurang 19 tahun bertugas di Polri.

AKBP Febry Sam merupakan personil polisi dari pasukan elit Polri. Sejak lulus Akpol tahun 2005 dia sudah di tempatkan di satuan Brigade Mobil (Mobil). Jabatan pertamanya sebagai Komandan pleton (Danton) 1 Kompi 1 Palembang Satuan Brimob Polda Sumsel tahun 2006. Setahun kemudian, dia dipercayakan sebagai Wakil Komandan Kompi atau Wadanki 1 Sat Brimob Polda Sumsel.

Karirnya di Pasukan elit Polri ini terus melejit. Di tahun 2009,  AKBP Febry Sam menjabat sebagi Komandan Kompi 7 Sat Brimob Polda Sumsel. Dua tahun kemudian, AKBP Febry dilantik menjadi Kasubden 2 Den C Ogan Ilir Sat Brimob Polda Sumsel. Jabatan ini hanya diemban selama setahun, karena di tahun 2012 dia menjadi Pama di Korps Brimob Polri.

Setahun di Korps Brimob, tepatnya di tahun 2013, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan suami istri AKBP Purn Ramsi dan Muliati ini dilantik menjadi Kasubden 1 Den A Ciputat Sat 3 Pelopor Korbrimob Polri. Karirnya di Brimob terus naik, dua tahun kemudian tepatnya di tahun 2015, Abiturien Sespimen tahun 2021 ini dilantik menjadi Kasi SDM Sat 3 Pelopor Korbrimob, kemudian menjabat Paur Produk Bag Intel Korbrimob, Kasi Renmn Sat Intel Korbrimob di tahun 2017.

Tiga tahun berikutnya, Febry Sam menjadi  Pamen Baintelkam Polri. Di tahun 2021, dia menjabat Kanit 1 Subdit Teroro Radikal Direktorat Kamsus Baintelkan Polri. “Selama berkarir di Polri, saya banyak berkarir di Brimob,” kata AKBP Fabry Sam, kepada wartawan lenterasultra.com, Adhi, saat dihubungi melalui aplikasi WhatsAppnya, Jumat, 28 Juni 2024 lalu.

Alumni Akpol 2005 ini mengatakan, dirinya tidak menyangka akan diberi kepercayaan oleh pimpinan Polri sebagai Kapolres. Apalagi ditempatkan di Polda Sultra yang merupakan daerah asalnya. Febry mengatakan, jabatannya sebagai Kapolres Konsel diketahui setelah beberapa rekan-rekannya menghubungi dirinya dan memberikan ucapan selamat kepadanya.

AKBP Febry menambahkan, kabar promosi jabatannya sebagai Kapolres Konsel diketahui disela-sela dirinya sibuk mengikuti persiapan kegiatan HUT Polri ke-78. “Jadi TR nya agak telat saya lihat. Karena lagi terlibat kegiatan HUT Polri. Semoga amanah yang diberikan pimpinan Polri ini bisa kami jalankan dengan baik,” kata Febry.(*)

Penulis : Adhi