Bombana Susun RPJMD, Pj Bupati Minta Diselaraskan dengan RTRW

Sekda Bombana Man Arfa (tengah) mengikuti kegiatan kick off dan orientasi penyusunan rancangan teknokratik RPJMD Bombana 2025-2029. Foto : FB Diskominfos

 

RUMBIA, LENTERASULTRA.COM-Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara kini mulai menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah alias (RPJMD), untuk masa 2025-2029. Penyusunan rencana jangka menengah ini secara resmi dibalut dalam kegiatan bertajuk “kick Off dan orientasi penyusunan RPJMD Kabupaten Bombana tahun 2025-2029.

Sekda Bombana, Man Arfa hadir membuka kegiatan tersebut, mewakili Pj Bupati. Acaranya diadakan di aula Kantor Bappeda setempat, Rabu (26/6/2024). Man Arfa menyampaikan pesan Pj Bupati agar penyusunan teknokratik RPJMD tersebut memperhatikan tiga aspek penting. Pertama keterpaduan dan keselarasan dengan rancangan akhir RPJPD Kabupaten Bombana tahun 2025-2045, serta memperhatikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Dokumen KLHS tahun 2025-2029.

Keedua, peran aktif perangkat daerah sangat diperlukan dalam merumuskan masalah, isu strategis dan arah kebijakan sebagai rekomendasi bagi calon kepala daerah dalam perumusan visi dan misi. Ketiga penyusunan teknokratik RPJMD harus didasarkan pada data dan fakta yang akurat. “Data yang valid akan menjadi dasar yang kuat dalam perumusan program pembangunan, ” ujar Man Arfa.

Sekda Man Arfa pula menyampaikan bahwa RPJMD merupakan momentum yang strategis, sebagai penanda dimulainya seluruh tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah lima) tahun mendatang. Sehingga kegiatan ini cukup penting untuk mendukung dan memberikan kontribusi positif demi mewujudkan pembangunan yang terarah sesuai dengan target pembangunan nasional. “Kita berharap RPJMD ini dapat menghasilkan dokumen perencanaan yang berkualitas dan dapat mewujudkan pembangunan yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Bombana,” ujarnya.

Husrifna, Kepala Bappeda Bombana

 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bombana, Husrifnah Rahim menyampaikan kegiatan orientasi penyusunan RPJMD tetsebut bertujuan untuk mempersiapkan seluruh stakeholder dalam menjalankan proses penyusunan RPJMD dan dapat memberikan sumbangsih pemikiran saran atau masukan, agar terwujud kesamaan persepsi, pemahaman, arah dan tujuan pembangunan daerah Kabupaten Bombana dalam kurun waktu 5 tahun mendatang.

Hustifnah pula menjelaskan, sebelum kegiatan kick off dan orientasi ini dilaksanakan, telah dilakukan tahapan penyusunan RPJMD yaitu evaluasi capaian RPJMD Kabupaten Bombana tahun 2017-2021 serta persiapan penyusunan RPJMD tahun 2025-2029. Ia juga menambahkan  bahwa kegiatan tersebut diikuti sebanyak 75 orang peserta yang terdiri dari, para Kepala OPD, Pejabat Perencana Kabupaten Bombana dan Tim Penyusun RPJMD Kabupaten Bombana tahun 2025-2029.(adv)

bappedaHusrifna rachimMan ArfaRPJMD BombanaSekda