Dipimpin Bahri, Muna Barat Pamer Prestasi Gemilang di HUT ke-9

Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat menyampaikan sambutan pada malam puncak perayaan HUT ke-9 Kabupaten Muna Barat. Istimewa

 

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Kabupaten Muna Barat kembali merayakan hari jadinya yang ke 9 tahun. Diusia yang hampir mengijak satu dekade itu, daerah bekas otonom kabupaten Muna itu kembali menggelar syukuran besar-besaran dengan berbagai kegiatan menarik.

Antara lain pertandingan olahraga, budaya hingga kemeriahan malam puncak yang dihadiri artis ibu kota. Dibuka dengan even trail adventure jelajah alam Mubar yang digelar pada Sabtu 22 Juli 2023. Kegiatan tersebut, diikuti sedikitnya 400 peserta dari berbagai komunitas motor trail di Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Selawesi Barat, dan terjauh dari Kalimantan Timur.

Keesokan harinya, dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara peringatan yang bertempat di Lapangan Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Mubar. Pelaksanaan upacara dibuka dengan pembacaan naskah sejarah terbentuknya kabupaten Muna Barat, pengibaran lambang daerah, dan diakhiri dengan berbagai pertujukan budaya yakni perkelahian kuda, ewa Wuna dan pertunjukan singa depok.

 

Sejumlah tokoh seperti Hugua, anggota DPR RI turut menghadiri malam puncak HUT ke-9 Muna Barat.

 

Namun tak sampai disitu, pelaksanaan upacara dibuat berbeda dibawah pimpinan Bahri sebagai penjabat Bupati Muna Barat. Di hari spesialnya tahun ini, untuk pertama kalinya Pemda Mubar merilis lagu mars dan himne Mubar sebagai kado manis diusia saat ini. Kedua lagu itu dinyanyikan oleh grup paduan suara dari siswa dan siswi SMA Negeri 1 Lawa.

Tak hanya lagu mars dan himne, kado manis juga daerah itu juga datang dari berbagai capaian perestasi dan pembangunan yang semakin baik. Pemda Mubar banyak diganjar penghargaan dibawah pimpinan Dr. Bahri sebagai Penjabat Bupati Mubar. Mulai dari penghargaan setingkat nasional hingga provinsi. Adapun daftar pengahargaan itu ialah :

1. Penghargaan BPJS kesehatan RI atas capaian UHC 100%.
2. Peringkat 1 Se Kab/Kota Sulawesi Tenggara penilaian Ombusman dalam pelayanan publik.
3. Penghargaan Bank Indonesia kategori
mitra pengendalian inflasi klaboratif 2022.
4. Peringkat 1 Se Kab/Kota Sulawesi Tenggara penghargaan paritrana awars dari BPJS ketenagakerjaan.
5. Penghargaan dari Gubernur Sulawesi
Tenggara atas prestasi terbaik III dalam realisasi belanja daerah.
6. Masuk 15 besar Kategori realisasi belanja dan pendapatan daerah tingkat nasional 2022.
7. Juara favorit III stand terbaik pada hari koperasi nasional Ke-76 tahun 2023 (HARKOPNAS EXPO 2023).

Dan capaian dari segi pembangunan, Mubar kini dalam tahapan pembangunan beberapa kantor besar yang terdiri dari Kantor Bupati, Kantor DPRD, Masjid Agung Mubar, Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, dan rujab DPRD. Serta pembangunan sarana mall layanan publik.

Penjabat Bupati Mubar, Bahri dalam pidatonya menyampaikan atas capaian itu kabupaten Muna Barat telah mampu menyejajarkan diri dengan kabupaten atau kota lain yang telah berdiri lebih dahulu di Provinsi Sulawesi Tenggara. Itu tidak terlepas dari kerjasama dari seluruh stekholder pembangunan baik pemerintah maupun pihak swasta dan seluruh lapisan masyarakat kabupaten Muna Barat.

“Saya berharap capaian ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang. Semangat dedikasi dan peran serta seluruh masyarakat Muna Barat dalam mendukung dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembangunana daerah dan pembinaan sosial kemasyarakatan sangat dibutuhkan dalam upaya mensukseskan pembangunan daerah yang berkemajuan, akuntabel, berkelanjutan dan kompetitif,” kata Bahri dihadapan tamu undangan dan peserta upacara Minggu, 23 Juli 2023.

 

HUT ke-9 Muna Barat juga diramaikan dengan jelajah alam oleh komunitas trail dari berbagai daerah.

 

Dikatakannya, capaian pembangunan diberbagai bidang tentu menjadi indikator bahwa anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang dilaksanakan pada setiap tahunnya senantiasa berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Olehnya itu, menghadapi segala tantangan dan hambatan dimasa yang akan datang, mari kita bangun kemitraan yang mengutamakan kepentingan masyarakat yang lebih luas sebagai political Will antara pemerintah daerah dan lembaga DPRD. Sehingga mampu merespon secara baik sence of crisis atau kepekaan sosial.

“Untuk itu atas nama pribadi maupun pemerintah daerah, kami mengharapkan seluruh pemangku kepentingan didaerah ini baik lembaga DPRD, instansi vertikal, TNI/Polri, Kejaksaan, Akademisi, Insan Pers, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama, pemangku adat dan komponen lainnya dapat memberikan kontribusi yang positif dalam proses perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, dan pengawasan pembangunan,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI, Hugua mengapresiasi kinerja Bahri dalam melakukan pembangunan daerah di kabupaten Muna barat saat ini. Menurutnya, pembangunan Didaerah itu terjadi begitu cepat dan luar biasa. “Saya ingin mengatakan bahwa Muna barat keren, pembangunannya begitu cepat,” ungkap Hugua saat memberi sambutan di acara malam puncak HUT Mubar.

Lebih lanjut kata Hugua, sosok Bahri adalah pemimpin yang luar biasa. Menurutnya, Bahri adalah pemimpin yang memiliki kecerdasan dan paham akan pembangunan masa depan suatu daerah dan bangsa. Untuk itu, ia berharap masa jabatan Bahri tidak berhenti sampai disini saja namun berlajut pada periode kedepan. ” Bahri masih dibutuhkan di Muna Barat,” tutupnya.

ADV

BahriHUT ke-9 Muna BaratHUT MubarHUT Mubar 2023Pj Bupati Mubar