Meningkat Signifikan, Kantor Imigrasi Kendari Terbitkan 10.331 Paspor Periode Januari-Juli 2023

Pelayanan paspor di kantor Imigrasi Kendari. Foto: Burhan

 

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Jumlah permintaan pembuatan paspor di kantor Imigrasi kelas I TPI Kendari meningkat signifikan pada tahun 2023.

Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari Indra Gunawan mengatakan sebanyak 10.331 paspor terdiri dari 4.230 laki-laki dan 6.101 perempuan telah diterbitkan.

Ia menyampaikan bahwa jumlah penerbitan tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dengan periode yang sama, yakni pada Januari-Juli 2022.

“Terjadi peningkatan yang signifikan dari periode yang sama di tahun 2022 itu, kami (penerbitan paspor) di angka 6.000-an, Januari sampai Juli di tahun 2022,” kata Indra.

Dia membeberkan bahwa dari jumlah tersebut, untuk pembuatan paspor baru sebanyak 6.923, pergantian paspor yang habis masa berlakunya sebanyak 2.983, dan pergantian paspor yang halamannya penuh sebanyak 334 pemohon.

“Serta pergantian paspor yang rusak ada sebanyak empat pemohon dan pergantian paspor yang hilang sebanyak 87 pemohon,” tambahnya.

Kasi Lalu Lintas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari itu mengungkapkan bahwa peningkatan pengurusan paspor tersebut didominasi oleh para pemohon yang akan melakukan perjalanan umrah ke Arab Saudi.

“Di Kantor Imigrasi Kendari, peningkatan yang paling signifikan itu adalah ibadah umrah. Apalagi sejak Arab Saudi bisa dikunjungi setelah pandemi COVID-19 untuk melaksanakan umrah. Jadi kenaikannya memang sangat signifikan,” kata Indra.

Selain itu, Indra menyebutkan bahwa peningkatan yang signifikan untuk penerbitan paspor di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kendari dikarenakan oleh penetapan status World Health Organization (WHO) dari pandemi COVID-19 menjadi endemi, sehingga negara-negara telah membuka pintunya untuk kunjungan warga negara asing (WNA).

“Yang utama sejak penetapan dari WHO pandemi COVID-19 ini menjadi endemi, otomatis negara-negara juga sudah membuka pintunya untuk masuk, sehingga membuat perjalanan menjadi semakin meningkat,” tukas Indra.

Penulis: Burhanuddin
Editor: Ode

Imigrasi KendariKantor Imigrasi Kendaripaspor